KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP PGRI 6 SURABAYA)

  • INDRA DWI WIJAYANTI

Abstract

Tujuan penelitian ini berfokus pada kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah yang dijabarkan dalam 1) kepemimpinan kepala sekolah, 2) prestasi sekolah, 3) faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi sekolah, 4) faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi sekolah, dan 5) upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) wawancara mendalam, 2) observasi non partisipatif, dan 3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara berulang dengan melakukan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk meningkatkan kepercayaan hasil penelitian maka dilakukan pengecekan keabsahan data melalui 1) kredibilitas dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik, kecukupan bahan referensi, pengecekan anggota, meningkatkan ketekunan/kegigihan peneliti, terakhir dengan diskusi teman sejawat, 2) keteralihan, 3) kebergantungan, dan 4) kepastian.

Temuan dari penelitian ini adalah: (1) kepala sekolah mampu menjalankan perannya sebagai pemimpin sekolah dengan baik, dapat mempengaruhi dan memberikan arahan kepada bawahannya, mampu menempatkan diri dalam berbagai situasi di sekolah, telah berlaku sebagai agen perubahan, dan mampu merealisasikan visi sekolah dengan baik; (2) prestasi akademik yang pernah diikuti adalah olimpiade SAINS dan peneliti belia, sementara prestasi non akademik diraih melalui lomba Tunas Hijau dan ekstrakurikuler; (3) faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi sekolah adalah kepemimpinan kepala sekolah, guru, dan siswa. Sementara pemerintah kota atau daerah merupakan faktor pendukung tambahan melalui dana BOSDA untuk tiap-tiap sekolah; (4) faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi sekolah justru berasal dari orangtua yang kurang mendukung perkembangan anak serta keadaan ekonomi orangtua yang membuat mereka keberatan masalah biaya pendidikan. Sementara untuk lahan dan fasilitas memang sangat perlu ditingkatkan; (5) berbagai upaya yang dilakukan kepala sekolah demi meningkatkan prestasi sekolah, diantaranya melalui pengembangan peserta didik, pemberdayaan dan pengembangan guru, melalui sekolah adiwiyata, serta komunikasi dan kerjasama yang luas.

Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, prestasi sekolah.

The purpose of this research focuses on school principal leadership in improving school achievement described in 1) principal leadership, 2) school achievement, 3) supporting factors in improving school achievement, 4) the inhibiting factors in improving school achievement, and 5) the efforts made principals to improve school achievement.This study used a qualitative approach. The design of the study is a case study. Data collection techniques used is: 1) in-depth interviewing, 2) non-participant observation, and 3) study the documentation. The data were analyzed repeatedly by performing data reduction, data display, and conclusion drawingor verification. To increase confidence in the results of the research done checking the validity of the data through 1) credibility by means of triangulation and triangulation techniques, the adequacy of reference materials, memberchek, persistent observation, the latest peers examination, 2) transferability, 3) dependability, and 4) confirmability.The findings of this research are: (1) the principal is able to perform its role as a leader of the school well, can influence and provide guidance to his subordinates, able to put themselves in a variety of situations in school, has been acting as an agent of change, and is able to realize the vision of the school as well; (2) academic achievement who had attended the Olympics SCIENCE and young researchers, while the non-academic achievements won through Tunas Hijau competitions and extracurricular; (3) supporting factors in improving school achievement is the principal leadership, teachers, and students. While the city or local government is an additional supporting factor through BOSDA funding for each school; (4) an inhibiting factor in improving school achievement actually comes from parents who do not support the development of children as well as the economic situation of parents who make their objections issue of education costs. As for the land and the facility is very necessary improved; (5) efforts made by the principal for improving school achievement, including through the development of students, empowerment and development of teachers, green school program, as well as extensive communication and cooperation.

Keywords : principal leadership, school achievement

Published
2016-05-26
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 100