PELAKSANAAN KELAS UNGGULAN DI MTS MAMBA’US SHOLIHIN GRESIK

  • IMAM ALI MASHUDI

Abstract

Abstrak

Pelaksanaan kelas unggulan merupakan suatu program pembelajaran yang dilakukan berdasarkan melihat bakat dan tingkat kecerdasan yang dimiliki peserta didik untuk menghasilkan out put SDM yang memiliki kecerdasan yang unggul. Dalam hal ini seorang pendidik harus memperhatikan tingkat kecerdasan yang dimiliki peserta didik untuk bisa meningkatkan sesuai dengan potensi yang dimiliki agar dapat berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan kelas unggulan dalam menghasilkan peserta didik yang berprestasi, (2) Faktor penghambat pelaksanaan kelas unggulan, (3) Usaha-usaha yang dilakukan untuk mempertahankan prestasi dalam pelaksanaan kelas unggulan

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data tersebut menggunakan teknik-teknik meliputi credibility, transferability, dependability, dan confirmability.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan kelas unggulan terdapat 8 komponen yaitu: : (a) input peserta didik (b) guru (c) kurikulum kelas unggulan (d) sumber pembelajaran (e) proses pembelajaran (f) strategi pembelajaran (g) media pembelajaran (h) lingkungan belajar (i) evaluasi program. (2) Hambatan yang dialami pada pelaksanaan kelas unggulan yaitu pada faktor siswa yang tidak mau tumbuh menjadi siswa yang cerdas dan kurang mendukung pelaksanaaan program kelas unggulan (3) usaha meningkatkan dan mempertahankan kelas unggulan (a) aspek program yaitu progran intensif dan ngaji sorogan (b) aspek siswa yaitu dengan menyelenggarakan tes tulis dan lisan untuk masuk kelas unggulan.

kata kunci: pelaksanaan kelas unggulan, hambatan kelas unggulan, usaha meningkatkan dan mempertahankan kelas unggulan.

Abstract

The implementation of the excellent class is a learning program conducted by the talent and the level of intelligence of learners for producing output of human resources has a superior intelligence.. In this case the teacher should consider the level of intelligence of learners to be able to improve in accordance with its potential in order to develop optimally. The objective of this study was to determine and describe: (1) The implementation of excellent class in producing students achievers, (2) The obstacle factors ofexcellent class’s implementation, (3) The efforts to maintain the achievements in the implementation of exellent class

The approach used in this study is a qualitative approach, as well as the case study. Method of data collection techniques in this study using interviews, observation and documentation. The data have been obtained and analyzed by using data reduction, data presentation, data verification. To test the validity of such data using techniques include credibility, transferability, dependability, and confirmability.

The results of this study indicate that: (1) there are eight components in the implementation of excellent class, namely: (a) input learners (b) teachers (c) the classroom curriculum featured (d) a source of learning (e) the learning process (f) learning strategy (g) learning media (h) learning environment (1) evaluation of the program. (2) Barriers faced in implementing excellent class that is the factor of students who don’t want to grow into a smart student and lack of supports (3) the efforts to improve and maintain the excellent class (a) aspects of the program specifically the intensive program and ‘ngaji sorogan’ (b) the aspect of students is by conducting a written and an oral test to join the excellent class.

keywords: the implementation of excellent class, excellent class barriers, the effortto improveand maintain excellent class.

Published
2016-06-22
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 253