Pelaksanaan Hidden Curriculum Lingkungan Hidup di SMPN 40 Surabaya

  • ANGELIA ROSSY AULIA

Abstract

Abstrak

Pelaksanaan hidden curriculum lingkungan hidup akan membantu meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan. Hal ini penting untuk dimiliki generasi muda sejak dini karena akan terbawa menjadi pola sikap dan perilaku yang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan, hasil, faktor pendukung, dan kendala dalam pelaksanaan hidden curriculum lingkungan hidup di SMPN 40 Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipasi pasif, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan hidden curriculum lingkungan hidup di SMPN 40 Surabaya dipelopori oleh ekstrakulikuler SI CILUNG (Siswa Cinta Lingkungan) dan materi lingkungan pada setiap mata pelajaran. Kedua, hasil pelaksanaan hidden curriculum lingkungan hidup di SMPN 40 Surabaya berupa perubahan perilaku siswa yang mulai peduli terhadap lingkungan, kebijakan lingkungan hidup yang dibuat sekolah, prestasi di bidang lingkungan hidup, dan suasana SMPN 40 Surabaya yang hijau,asri, dan rindang. Ketiga, faktor pendukung internal yaitu adanya sarana sesuai standar, dukungan kegiatan dari kepala sekolah, guru, siswa, dan seluruh warga sekolah. sedangkan faktor pendukung eksternal dari masyarakat, sekolah lain, dan pedagang. Keempat, kendala dalam pelaksanaan hidden curriculum lingkungan hidup di SMPN 40 Surabaya berasal dari beberapa guru dan siswa yang masih kurang peduli terhadap lingkungan. Kendala eksternal dari masyarakat yaitu terkendala waktu dan pekerjaan dalam kontribusi.

Kata kunci:pelaksanaan hidden curriculum, lingkungan hidup

Abstract

The implementation of living environment hidden curriculum will help to improve student’s concernto environment. It’s important to possessed by youth generation since early age because it will be transformed to mature behavior and attitude. This research aim to determine and describe the implementation, result, supporting factor, and problem in living environment hidden curriculum implementation at SMPN 40 Surabaya

This research applied qualitative approach with case study research design. Data collecting technique were applied interview, passive participant observation, and documentation study. Data analysis conducted with data reduction, data presentation, and data verification. Later, data validity conducted through credibility, transferability, dependability, and conformability.

Research results showed that first, the implementation of living environment hidden curriculum at SMPN 40 Surabaya pioneered by SI CILUNG extracurricular and environment matter on every subject. Second, the result of living environment hidden curriculum implementation at SMPN 40 Surabaya can be the changes of student’s behavior and attitude who started to care to environment, school’s environment policy, environment achievement, and condition of SMPN 40 Surabaya which green, beautiful, and leafy. Third, internal factor namely standard infrastructure, support form principal, teacher, student and all school community. While for external comes from society, other school, and trader. Fourth, problems in living environment hidden curriculum implementation comes from teacher and student who lack in concern to environment. While external problem from society was time and occupation constraint.

Keywords: hidden curriculum implementation, living environment

Published
2016-06-23
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 218