PERAN STATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DI SMAN 11 SURABAYA

  • Jailani

Abstract

Abstrak

Skripsi ini membahas tentang peran strategis kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik di SMA 11 Surabaya. Kajiannya dilatar belakangi oleh upaya memperbarui informasi-informasi agar pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan kemajuan jaman (era globalisasi), serta berupaya meningkatkan kegiatan-kegiatanyang berkaitan dengan sumber daya siswa agar minat dan hobi siswa tersampaikan. Selain itu untuk mengetahui peran strategis kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik terutama dalam tugas kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dan kepala sekolah sebagai manajer sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Menggunakan 3 teknik penggumpulan data yaitu, teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas dan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menujukan bahwa1). Untuk mengetahui kekuaatan, kelemahan, kesempatan dan cara untuk menyelesaikan kendala yang terjadi kepala SMAN 11 Surabaya menngunakan analisis SWOT. Serta kepala sekolah Mengajak para stakeholder untuk ikut serta dalam menjalankan program khusus SMAN 11 Surabaya. 2). Tugas kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam upaya peningkatan akademik SMAN 11 Surabaya mempunyai ragam faktor pendukung, salah satunya yaitu tenaga pengajar, proporsi tenaga pengajar yang baik dan profesional serta mampu memotivasi siswa nya untuk selalu giat belajar dan menerima pembelajran dengan aktif. Saran yang dapat peneliti berikan lebih mendisiplinkan dan mengarahkan para guru serta staff agar selalu mampu membuat inovasi dan mengajak siswa berinteraksi denganbaik, serta meningkatkan pengawasan serta motivasi kepada para guru,karena dari kepemimpinan yang baik akan tercipta produk yang baik juga.

Kata Kunci: Pemimpin Pembelajaran, Manajer Sekolah

Abstract

This thesis discusses the strateguc role of principals in improving academic achievement in high school 11 surabaya. Study motivated by an attempt to update the information for learning carried out in accordance with the progress of the era globalization, as wellas working to improve the activities related to the student’s resources so that i nterests and hobbies of students delivered. In addition to knowing the headmaster’s stategic role in improving academic achievement, especially in the task ofthe headmaster as intructional leaders and headmaster as school manager. This study used a qualitative approach with case study design. Using three data collection techniques, they are interview, observation and documentation. The data analysis in this studies are with data reduction, data presentation and conclusion. Checking the validity of the data by using the credibility and use triangulation data. The results of this study indicate that 1). To know the strengths, weaknesses, opportunities and ways to resolve problems that occur, the headmasterof SMAN 11 surabaya using SWOT analysis. The headmaster also invite stakeholders to participate in running a special program of SMAN 11 surabaya. 2). The task of the headmaster as intrucsional leader in efforts to improve the academic of SMAN 11 surabaya has a variety of contributing factors, one of those is the instructor, the proportion of the capable instructor, profesional and able to motivate the studen to always study accept the learning actively. Suggestions that given, more disciplining and directing teachers and staffs in order to always be able to make innovation and encourage students to intract well, to improve the supervision and motivation to teachers, because from the good leadership will create a good product too.

Keywords: Learning Leaders, School Manager

Published
2016-06-24
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 26