PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD AL FATAH SURABAYA

  • Ellis Dwi Septiana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru melalui: (1) Pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di SD Al Fatah Surabaya, (2) Faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di SD Al Fatah Surabaya, (3)Upaya pembinaan melalui supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di SD Al Fatah Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan metode deskriptif dan menggunakan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji krediblitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Supervisi akademik dilaksanakan kepala sekolah dengan menggunakan teknik kunjungan kelas, (2) Adapun faktor pendukung pelaksanaan supervisiakademik yaitu dapat meningkatkan kualitas pembalajaran, (3) faktor penghambat yang dialami oleh guru SD Al Fatah Surabaya adalah kurangnya media pembelajaran, (4) Upaya pembinaan yang diberikan kepala sekolah adalah rapat guru dan kelompok kerja guru, fungsinya membantu guru pada saat guru mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci:Supervisi akademik, kinerja guru

Abstract

The objective of this study was to know and analyse of the implementation of academic supervision to increase the teacher’s work through : (1) the implementation of academic supervision to increase the teacher’s work in Alfatah Elementary School of Surabaya, (2) the supporting and disturb factor of academic supervision to iimprove the teacher’s work in Alfatah Elementary School of Surabaya (3) the efforts of guiding through academic supervision to improve the teacher’s work in Alfatah Elementary School of Surabaya.

The approach used in this study is a qualitatitve approach with descriptive method and case study method of data collection techniques in this study using interviews, observation and documentation. The data have been analyzed by using data reduction,data presentation, data verification. To test the validity of such data using techniques include credibility (internal validity), transferability (external validity), dependability (reliability), and confirmability (objectivity).

The results of this study indicate that : (1) the implementation of academic supervision implemented the head of the school to use a technique of the class, (2) as for the supporting factors the implementation of the supervision academic i.e to develop the learning teaching qualities, (3) the disturb factors in experienced by the teacher in Alfatah Elementary School of Surabaya, (4) the efforts to guiding given the head of the school is the meeting teachers and the working group teacher,it’s function help the teachers who have trouble in the learning process.

Keywords: Supervision of academic, The teacher’s work

Published
2016-06-28
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 41