Strategi Pemasaran Pendidikan Di Madrasah Aliyah Unggulan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya

  • AHMAD AINUL YAQIN

Abstract

Abstrak

Pemasaran di dunia pendidikan sangat diperlukan, dengan tujuan untuk mengenalkan sekolah kepada calon peserta didik baru terkait dengan mutu yang dimiliki sekolah. Persaingan di dunia pendidikan sudah sangat atraktif, sehingga dibutuhkan strategi-strategi khusus dalam pemasaran pendidikan. Strategi pemasaran pendidikan yang efektif akan memiliki feedback yang baik terhadap sekolah, karena citra sekolah dimasyarakat menjadi lebih baik dan sekolah akan diminati peserta didik baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Strategi pemasaran pendidikan, (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi terkait strategi pemasaran pendidikan, (3) Usaha dalam menghadapi hambatan strategi pemasaran pendidikan.

Pendekantan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data tersebut menggunakan teknik-teknik meliputi credibility, transferability, dependability dan confirmability.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pemasaran pendidikan menggunakan 8 (delapan) cara yaitu: (a) Diferensiasi Produk; (b) Promosi ke Daerah-daerah; (c) Tim Promosi; (d) Program Khusus Pemasaran; (e) Media Promosi; (f) Memberikan Jaminan Pada Konsumen Jasa Pendidikan; (g) Melakukan Analisis Strategi; (h) Melakukan Kerjasama Dengan Pihak Lain. (2) Hambatan yang dihadapi madrasah: (a) Kompetitor sekolah yang sering mengedepankan faktor fasilitas pendidikan; (b) Komunikasi antar anggota belum terjalin dengan baik; (c) Dana program terhambat. (3) Usaha dalam menghadapi beberapa hamabtan-hambatan melalui: (a) Melakukan program evaluasi mingguan, bulanan dan tahunan. Program evaluasi dilakukan sekolah dengan melakukan rapat kordinasi dengan berbagai anggota terkait; (b) Melibatakan berbagai personel sekolah dalam pelaksanaan strategi pemasaran.

Kata Kunci: strategi pemasaran, hambatan, usaha menghadapi hambatan

Abstract

Marketing in the education world was necessary, with the goal to present the school to prospective new learners related to the quality of the schools. Competition in education world was very attractive, therefore we needed specific strategies in education marketing. Education effective marketing strategy would have a good feedback for the school because the better school's image in the community and the school would demand new learners. The purpose of this study was to describe and analyze: (1) The educational marketing strategy, (2) The obstacles that occur toward the educational marketing, and (3) The enterprises in the face of obstacles educational marketing strategy.

The approach used in this study was qualitative approach, as well as the case study method of data collection techniques in this study using interviews, observation and documentation. The data had been obtained and analyzed by using data reduction, data presentation, data verification. To test the validity of such data using credibility, transferability, dependability , and confirmability techniques.

The results of this study indicated that: (1) The marketing strategy of education using eight (8) ways: (a) Product Differentiation; (b) Promotion to the regions; (c) Team Promotion; (d) Special Marketing Programs; (e) Media of Promotion; (f) Provide Security At Consumer Education Services; (g) Conduct Strategy Analysis; (h) Doing Cooperation With Other Parties. (2) Barriers faced in madrasah: (a) schools competitors that often emphasized factors educational facilities; (b) Communication between members which was not established well; (c) Obstructed of program funding. (3) The efforts in the face several barriers through: (a) Conducting an evaluation program weekly, monthly and yearly. Evaluation program conducted by the school held a coordination meeting with various members concerned; (b) involving various school parties in the implementation of marketing strategies.

Keywords:marketing strategies, barriers, obstacles facing enterprises

Published
2016-07-14
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 200