Strategi Pemasaran Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di SMA Islam Nurul Amanah Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan

  • BILQIS ASRORI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Strategi pemasaran sekolah dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, (2) Faktor pendukung dalam melaksanakan strategi pemasaran sekolah dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, (3) faktor penghambat dalam melaksanakan strategi pemasaran sekolah dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, (4) Usaha-usaha yang ditempuh dalam mengatasi hambatan strategi pemasaran sekolah dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pemasaran sekolah di SMA Islam Nurul Amanah dengan melakukan kegiatan sosialisasi dengan mengunjungi target sekolah di beberapa kecamatan dan promosi sekolah juga dilakukan dengan siswa membawa siswa, artinya siswa kelas XII yang akan lulus harus membawa satu calon siswa, dan juga dengan penyebaran brosur, banner; (2) Faktor pendukung yang berasal dari faktor internal dan eksternal sekolah. Faktor internal adalah kekuatan pada nilai religi yang dimiliki sekolah dan adanya kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah maupun yayasan yang melibatkan masyarakat, dan yang berasal dari faktor eksternal adalah peluang adanya SMP dan MTs yang satu yayasan di Nurul Amanah; (3) Faktor penghambat yang berasal dari faktor internal dan eksternal sekolah. faktor internal adalah belum maksimalnya dalam melakukan sosialisasi dan persepsi masyarakat terkait hafalan Al-Qur’an yang menjadi beban bagi anaknya, sedangkan faktor eksternal adalah ancaman bagi sekolah yaitu persaingan antar sekolah yang sama-sama menawarkan jasa pendidikan; (4) Usaha yang dilakukan sekolah dalam mengatasi hambatan pemasaran sekolah adalah dengan melakukan perbaikan sekolahdengan menganalisis permasalahan melalui musyawarah bersama untuk mengetahui pemecahan masalahnya, selalu menjalin hubungan yang baik dengan pihak-pihak yang dapat mendukung dalam tercapainya tujuan sekolah.

Kata kunci: strategi, pemasaran, sekolah.

Abstract

This study aims to (1) the school marketing strategy to improve public participation; (2) supporting Factors for implementing the school marketing strategy to improve public participation; (3) obstacles factor for implementing the school marketing strategy to improve public participation; (4) Efforts taken in overcoming obstacles of the school marketing strategy to improve public participation in. This study used a qualitative approach with case study design. The results showed that: (1) the school marketing strategy in Nurul Amanah Islamic senior high school conducted socialization by visiting schools target in some districts and school promotion is also done by a student recommend another students, it means that students in XII grade who will be graduated must recommend one student candidate, and also distributing the brochures, banners; (2) The supporting factors are derived from the internal and external factors of the school. Internal factors are the power of the schools religious values and the activities organized by the school and foundations that involve the public, and theexternal factors are the opportunities from the junior high school and Islamic junior high school in Nurul Amanah foundation;(3) obstacles factors are derived from the internal and external factors of the school. Internal factors are not maximized yet in socializations and perceptions to the public related to memorization of Qur'an which are a burden to their children, on the other hand, the external factors are a threat to the school, that competition among othersschools that offer the same educational services; (4) The work done by schools in overcoming obstacles to the marketing of the school is improving the school by analyzing the problems through discussion to find out the troubleshooting, always maintained a good relationship with the institutions that can support the achievement of the objectives of the school.

Keywords: strategy, marketing, school.

Published
2016-07-14
Abstract Views: 184
PDF Downloads: 3435