GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (Studi Kasus di SD Negeri Babatan I/456 Surabaya)

  • LILIS SURYANI OCTAVIA

Abstract

Abstrak

Kepemimpinan dalam pendidikan menjadi kunci dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif. Pemilihan gaya kepemimpinan yang tepat oleh kepala sekolah akan mampu membawa sekolah kearah peningkatan kualitas dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan di SD Negeri Babatan I/456 Surabaya dan menelusuri tentang faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan kepala Sekolah di SD Negeri Babatan I/456 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terbuka nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Teknik dalam keabsahan data menggunakan kredibiltas, transferbilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah disimpulkan dari delapan aspek yang telah ditentukan oleh peneliti yaitu: (a) perilaku keseharian kepala sekolah menunjukkan sikap perhatian, terbuka, periang, tegas, bijaksana, disiplin dan komitmen serta memiliki emosi yang stabil; (b) pendelegasian tugas dilakukan dengan adil dan pemberian pengarahan; (c) pengambilan keputusan dilakukan dengan bersama/mufakat; (d) pengawasan yang dilakukan dengan memantau progress secara langsung; (e) pengembangan sekolah meliputi pengembangan sarana dan prasarana sekolah, ekstrakurikuler, pembelajaran dan guru dan tenaga kependidikan; (f) komunikasi yang terbuka dan dua arah dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami; (g) motivasi dengan pemberian dorongan/semangat dan memenuhi kebutuhan seluruh personil sekolah dan (h) penghargaan berupa pujian dan ucapan terimakasih. Dalam memimpin kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan kelompok. Sehingga dapat dipahami dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan kepala sekolah melakukan pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan, pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, pemberian motivasi dan pemberian penghargaan; (2) faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan kelompok adalah: (a) diri pemimpin memiliki kepribadian, pengalaman masa lalu, serta harapan yang tinggi kepada seluruh personil sekolah untuk mengembangkan sekolah; (b) ciri atasan yang mengedepankan proses pelaksanaan tugas; (c) ciri bawahan yang menunjukkan semangat dan kemauan untuk berubah; (d) persyaratan tugas dengan memberi pengarahan mengenai kejelasan tugas; (e) iklim organisasi dan kebijakan mampu membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan sekolah.

Kata Kunci: gaya kepemimpinan, kinerja guru, kinerja tenaga kependidikan

Abstract

Leadership style in education is the key implementation of an effective education. The aims of this study are to describe and analyze the style of principal leadership in the effort to improve the performance of teachers and educational personnels in SD Negeri Babatan I/456 Surabaya and explore the factors which affect the principal’s leadership style in SD Negeri Babatan I/456 Surabaya. This study used the descriptive qualitative approach to case study design. The Data collection techniques used were: an open non-participants observation; semi-structured interviews and documentation study. Techniques within the validity of the data used the credibility, transferability, dependability and confirmability. The results of the study can be explained as follows: (1) the principal’s leadership style can be inferred from eight aspects which have been determined by the investigator namely: (a) the principal’s daily behaviour shows attitudes such as care, open, cheerful, assertive, thoughtful, discipline and commitment and also emotionally stable; (b) the delegation of tasks is conducted fairly along with advance directions; (c) the decision is taken through a discussion/consensus; (d) the direct supervision to control the progress; (e) the improvements of the school are including the school facilities’ and infrastructure, extracuricular, learning’s and the teachers’ and education personnel’s; (f) the open communications and two-sided communication using clear and easy to be understood language; (g) the motivations given as supports and fulfill all of the school personnel’s and (h) the appreciations given are in the form of compliment and gratitude. As the school leader, the principal uses group leadership style. So, it can be understood that in order to improve the performance of teachers and education personnel, the principal empowers the teachers and educational personnel, improves their competence, motivates and appreciates them. (2) The factors which affect the using of group leadership style are: (a) the leader has personality, quite a lot of experiences, as well as high expectations to all school personnel in developing the school; (b) the character of a leader who is oriented on process; (c) the character of the staffs which shows enthusiasm and willingness to change; (d) the task requirements given through briefing associated with the clarity of the tasks; (e) the atmosphere of the organization and policy are made to help improving the human resources’ quality in the school.

Keywords:leadership style, performance of teachers, performance of educational personnel

Published
2016-07-14
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 28