Implementasi Program Kelas Khusus (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Nganjuk)

  • SELLA CHAROLIN

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS KHUSUS (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 NGANJUK) Nama : Sella Charolin NIM : 11010714003 Program Studi : S-1 Manajemen Pendidikan Fakultas : Ilmu Pendidikan Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Wiwin Yulianingsih, S.Pd.,M.Pd Program sekolah merupakan salah satu bentuk inovasi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) seleksi peserta didik program kelas khusus, (2) Proses pembelajaran program kelas khusus, (3) Kendala-kendala yang dihadapi untuk meningkatkan implementasi program kelas khusus, (4) Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan implementasi program kelas khusus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Nganjuk dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, tranferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas Khusus merupakan salah satu program strategis sekaligus program unggulan SMA Negeri 1 Nganjuk yang mulai diadakan pada tahun 2007 yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dengan memberikan pelayanan belajar yang maksimal berupa pembinaan bagi para peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi dan didukung oleh orang tua melalui biaya tambahan yang dialokasikan untuk biaya operasional melalui pelayanan baik akademik maupun non akademik, (2) Kelas Khusus hanya untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), (3) proses seleksi peserta didik dilakukan melalui Psikotest, Tes Potensi Akademik (TPA), wawancara peserta didik dan wawancara orang tua, (4) Guru yang mengajar di kelas khusus tidak melalui seleksi, akan tetapi diutamakan bagi guru yang memiliki kompetensi yang baik, (5) Kurikulum yang digunakan di program kelas khusus adalah kurikulum 2013, (6) Proses pembelajaran yang dilakukan setiap guru berbeda-beda, mulai dari metode yang digunakan dan media pembelajaran yang digunakan yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran, (7) Proses evaluasi melalui penilaian secara kognitif, afektif dan psikomotor, (8) Dalam pelaksanaannya terdapat kendala-kendala yang timbul dari dalam sekolah sendiri akan tetapi dapat diatasi dengan berbagai upaya yang dilakukan sekolah dengan memaksimalkan seluruh komponen sekolah untuk meningkatkan implementasi program kelas khusus. Kata Kunci: implementasi, kelas khusus ABSTRACT IMPLEMENTATION OF SPECIAL CLASS PROGRAM (CASE STUDY IN SMA NEGERI 1 NGANJUK) Name : Sella Charolin NIM : 11010714003 Department : Education Management Faculty : Faculty of Education Name of Institution : State University of Surabaya Supervisor : Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd School program is one form of education innovation to improve the quality of education in school. The objective of this study was to describe and analyze: (1) the selection of learners special class program, (2) The process of learning program in special class, (3) Constraints faced to improve program implementation special class program, (4) Efforts are being made to improve the implementation of a special class program. This study was conducted in SMA Negeri 1 Nganjuk. Qualitative approach was obtained in this study by using case study research. Data collection technique used interview, observation passive participation and documenation study. Data analysis used data reduction, data display and data verivication. Data validity and reliability with credibility, transferability, dependability and confirmability. Result in this research are: (1) Special Class is one of the strategic program once the flagship program of SMAN 1 Nganjuk the start was held in 2007 which aims to improve the quality of education in schools by providing services maximum learning form of guidance to learners who would continue their education to higher education and is supported by parents through additional costs allocated to operating costs through the ministry of both academic and non-academic, (2) special class program just for exact majors, (3) the process of selection of students are Psikotest, Academic Potential Test (TPA), interview students and interview parents, (4) Teachers who teach in special classes not through selection, but an advantage for teachers who have good competence, (5) The curriculum used in the classroom program special is the curriculum of 2013, (6) The learning process is done every teacher is different, ranging from the method used and the media that are used effectively and efficiently to achieve the learning objectives, (7) The evaluation process through assessment of cognitive, affective and psychomotor, (8) In practice there are constraints arising from within the school itself but can be overcome the efforts made by schools to maximize all components of the school to improve the implementation of a special class program. Keywords: implementation, special class program

Published
2016-07-14
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 691