PERBEDAAN PROKRASTINASI AKADEMIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KELAS X DI SMKN 2 BLITAR

  • RENY FATMALA

Abstract

Abstrak

Prokrastinasi akademik merupakan sikap penundaan tugas yang dimiliki oleh tiap siswa. Kemandirian belajar merupakan sikap siswa yang mampu mengelola kegiatan belajarnya secara mandiri. Terdapat kasus yang muncul di SMKN 2 Blitar, yakni prokrastinasi akademik dan kemandirian belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler lebih tinggi daripada siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan prokrastinasi akademik dan kemandirian belajar antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler kelas X di SMKN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dengan sampel sebanyak 165 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dan 179 siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t dua sampel independen.

Hasil penelitian pada variabel prokrastinasi akademik yang telah diuji yaitu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler memiliki rata-rata sebesar 38,10, sedangkan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler memiliki rata-rata sebesar 37,78. Berdasarkan hasil analisis data uji t dua sampel independen pada variabel prokrastinasi akademik memperoleh nilai signifikansi 0,605 > 0,05, maka artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada prokrastinasi akademik siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dan siswa yang tidak tidak mengikuti ekstrakurikuler.

Hasil penelitian pada variabel kemandirian belajar yang telah diuji yaitu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler memiliki rata-rata sebesar 104,16, sedangkan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler memiliki rata-rata sebesar 97,98. Berdasarkan hasil analisis data uji t dua sampel independen pada variabel kemandirian belajar memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemandirian belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dan siswa yang tidak tidak mengikuti ekstrakurikuler.

Kata Kunci : prokrastinasi akademik, kemandirian belajar, dan ekstrakurikuler

Abstract

This Academic procrastination is a students’ procrastination habitual in doing the tasks.Independent learning is considered as a habit that is able to manage their learning activities indepently. There were many cases that appeared in SMKN 2 Blitar. Those were students’ academic procrastination and independent learning who joined extracurricular was higher than th students who did not join.This research has aimed to know whether there were any differences of academic procrastination and independent learning between students who joined extracurricular and students who did not join extracurricular in tenth graders of SMKN 2 Blitar. It used a quantitative approach. The populations in this study were the tenth graders of 165 students who joined extracurricular and 179 students who did not join extracurricular. The researcher used two independent samples t-test as the data analysis technique.

In the academic procrastination variables, it showed that the average of students who joined extracurricullar was 38.10, while the average of the students who did not join extracurricular was 37.78. In addition, the results of the data which were analyzed by two independent samples t test on academic procrastination variables showed 0.605 > 0.05 which mean there was no significant differences of academic procrastination between the students who joined extracurricular and the students who did not join extracurricular.

In the independent learning variables , it showed that the average of students who joined extracurricullar was 104.16, while the average of the students who did not join extracurricular was 97.98. In addition, the results of the data which were analyzed by two independent samples t test on independent learning variables showed 0.000 < 0.05 which mean there was significant differences of independent learning between the students who joined extracurricular and the students who did not join extracurricular.

Keyword : akademic procrastination, independent learning, extracurricular

Published
2016-07-14
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 152