ANALISIS KOMPONEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN (Studi Kasus di Rumah Bahasa Surabaya)

  • ALIVIA CHOIRUN NISAK

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis komponen pembiayaan pendidikan di Rumah Bahasa Surabaya, dengan sub fokusnya yaitu: (1) komponen yang dibiayai, (2) sumber pembiayaan pendidikan, (3) tata cara pengalokasian biaya pendidikan, (4) akuntabilitas pembiayaan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi terbuka, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan pada saat sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah di lapangan. Supaya dapat meningkatkan kepercayaan, maka dilaksanakan pengecekkan keabsahan data melalui credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komponen yang dibiayai di Rumah Bahasa Surabaya adalah biaya langsung yang terdiri dari biaya operasional pembelajaran dan biaya personalia; (2) sumber pembiayan pendidikan di Rumah Bahasa Surabaya berasal dari Pemerintah Kota Surabaya; (3) Tata cara pengalokasian biaya pendidikan di Rumah Bahasa Surabaya berdasarkan kebutuhan yang dianggarkan dalam setahun; (4) akuntabilitas pembiayaan pendidikan di Rumah Bahasa Surabaya berada pada lingkungan pengelola keuangannya yaitu di lingkungan Bagian Kerjama Pemerintah Kota Surabaya dengan menggunakan akuntabilitas vertikal, eksternal, dan sistem serta dipengaruhi oleh beberapa unsur yang mempengaruhi keberhasilan akuntabilitas yaitu kepemimpinan, koordinasi, serta legitimasi dan akseptasi.

Kata Kunci: Komponen pembiayaan, pembiayaan pendidikan

Abstract

This research aims to discover, to describe, and to analyse components of educational funding in Rumah Bahasa Surabaya, with its focuses, which are: 1) funded components; 2) resource of educational funding, 3) procedure of educational funding allocation. 4) accountability of educational funding. Qualitative data research and case study was implemented during the research. Semi-structured interview, open-observation, and documentation study were applied as data collection technique. Data analysis was done before, during, and after getting involved in the field. The validity was checked through credibility, transferability, dependability, and confirmation. The results shows that (1) the funded components in Rumah Bahasa Surabaya are direct fund consisted operational learning fund and personal fund; (2) resource of the funding is originally from Surabaya Government; (3) procedure of educational funding allocation in Rumah Bahasa Surabaya is based on planned requirements in a year; (4) Accountability of educational funding in Rumah Bahasa Surabaya is positioned on its funding management area that is in Division of Cooperation in Rumah Bahasa Surabaya by using vertical and external accountability and its system, and it is influenced with several aspects with affect the success of accountability that is, leadership, coordination, legitimacy, and acceptance.

Keyword: component of funding, educational funding

Published
2016-07-14
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 530