STRATEGI KEPALA PERPUSTAKAAN UNTUK MEMPEROLEH AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH NASIONAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI PAPAR II KABUPATEN KEDIRI

  • SRI WAHYUNI

Abstract

Perpustakaan sekolah yang berkualitas yaitu jika telah memenuhi syarat-syarat kualitas yang telah ditentukan sebagaimana fungsi dan tujuan dari perpustakaan itu. Kualitas perpustakaan dapat diukur berdasarkan standar acuan yang disebut dengan akreditasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan rancangan peneltian deskriptif.Peneliti ingin mendeskripsikan dan menganalisis strategi kepala perpustakaan untuk memperoleh akreditasi perpustakaan sekolah nasional.Subjek dari penelitian ini adalah kepala perpustakaan, petugas perpustakaan, kepala sekolah, guru, dan siswa SDN Papar II.

Hasil penelitian ini menemukan bahwastrategi yang dilakukan kepala perpustakaanSekolah Dasar Negeri Papar II untuk memperoleh akreditasi perpustakaan sekolah nasional yaitu pengadaan buku-buku, pengadaan sarana prasarana, penataan perlengkapan yang ada di perpustakaan, katalogisasi serta pengembangan SDM.

Faktor pendukungadanya nomor pokok perpustakaan (NPP), gedung perpustakaan sudah mencapai luas 144 m² dan terdapat area baca, area kerja dan area rak buku dan buku-bukunya tertata rapi, adanya struktur kepengurusan perpustakaan, hubungan yang terjalin antara petugas perpustakaan dan kepala perpustakaan cukup baik, jumlah koleksi bahan pustaka sudah memenuhi standar perpustakaan sekolah nasional sebanyak 2931, dan SDM yang profesional, sedangkan faktor penghambat yaitu fungsi pelayanan informasi belum maksimal karena belum ada koneksi wifi, pendanaan yang masih kurang, sarana dan prasarana yang belum lengkap, pengadaan buku yang masih kurang, dan dukungan kepala sekolah yang kurang kuat.

Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu mencari pendanaan melalui Dinas Pendidikan atau melalui Rapat Komite Sekolah, pengadaan sarana dan prasarana yang kurang, pengadaan buku, dan memberikan pengarahan kepada kepala sekolah bahwa akreditasi ini penting untuk memajukan sekolah dan meningkatkan citra sekolah kepada pihak luar.

Kata Kunci: strategi kepala perpustakaan, akreditasi perpustakaan sekolah

School library qualified if has already fulfilled quality requirement which has decided in order to make library run as its function and purpose. Library quality can be measured based standard that is accreditation.

This study applied qualitative method approach with descriptive study design. Researcher want to described and analyzed library head’s strategy to acquired national school library accreditation. Study subject were library head, librarian, principal, teacher, and student of SDN Papar II.

Study result showed that strategy which conducted by library head of SDN Papar II to obtained national school library accreditation namely books provisioning, infrastructure provisioning, equipment ordering which has existed in library, cataloging and as well as human resource development. Supporting factor was the library main number (NPP), library building was 144 m2 width and has a reading area, work area and rack book area and its book has well ordered, there is a library management, relation which weaved between librarian and head of library well enough, the amount of book collection has fulfilled national school library standard as many 2931, and professional human resources, while for the inhibiting factors were information service function which not maximal since there was no wifi connection, lack of funding, incomplete infrastructure, book provisioning which still low, and principal’s support that was not strong enough.

Efforts which conducted to overcome obstacles namely look for finding through education department or through school committee meeting, the low of infrastructure provisioning, and deliver direction to principal that accreditation is important to develop school and improved school image to outside party.

Keywords: library head strategy, school library accreditation

Published
2016-07-22
Abstract Views: 154
PDF Downloads: 1383