PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG KARISMATIK DALAM PENINGKATAN PRESTASI SEKOLAH DI SMA WACHID HASYIM 1 SURABAYA

  • ISNAINI PUTRI RAHAYU

Abstract

PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG KARISMATIK DALAM PENINGKATAN PRESTASI SEKOLAH DI SMA WACHID HASYIM 1 SURABAYA

 

Isnaini Putri Rahayu

(isnainip86@yahoo.com)

Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Dr. Erny Roesminingsih,M.Si

(erny_roes@yahoo.com)

Jurusan Manajemen Pendidikan,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangitentang pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah yang karismatik dalam peningkatan prestasi sekolah di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pengambilan keputusan kepala sekolah dalam melakukan pembinaan guru. Selain itu ketertarikan akan upaya peningkatan prestasi sekolah di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang 1) pengambilan keputusan kepala sekolah dalam melakukan pembinaan guru ; 2) upaya peningkatan prestasi sekolah di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas, dengan menggunakan triangulasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengambilan keputusan kepala sekolah dalam melakukan pembinaan guru di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya cenderung pada monitoring saat PBM berlangsung. Contohnya melakukan kunjungan kelas yang dilakukan satu bulan hanya satu kali; 2) upaya peningkatan prestasi sekolah di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya dengan memberikan fasilitas untuk pengembangan potensi yang dimiliki siswa-siswinya, dan mengikutsertakan siswa-siswinya dalam kegiatan lomba non akademik.

Saran yang dapat peneliti berikan dalam melakukan pengambilan keputusan untuk pembinaan guru seharusnya dilakukan secara berkesinambungan sehingga guru mengetahui pengelolaan kelas yang dilakukannya. Kepala sekolah juga mengikutsertakan guru dalam kegiatan pembinaan guru yang dilakukan oleh sekolah lain serta mendampinginya. Kepala sekolah SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya juga terus mengikutsertakan kembali siswa- siswinya dalam prestasi akademik. Kepala sekolah juga harus memiliki ide-ide atau gagasan tersendiri untuk pengembangan kualitas sekolah.

Kata kunci: kepemimpinan karismatik, pengambilan keputusan dalam pembinaan guru, peningkatan prestasi sekolah.

Abstract

This research background is the implementation of the principal charismatic leadership in improving school performance in SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. His work is motivated by the principal decision making in fostering teacher. Besides an interest in improving the performance of the school in SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. This study is intended to identify and describe 1) the principals decision in fostering teacher; 2) efforts to increase school achievement in SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya.

This study use qualitative method with case study scheme. The technique of data gathering uses the technique of interview, observation and documentation. The data analysis in this research uses data reduction, data presentation, and conclution. The data validity checkup uses credibility and data triangulation.

The results of this study indicate that 1) the principals decision in fostering teacher in SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya inclined at PBM current monitoring takes place. Examples conduct classroom visits conducted one month only once ; 2) efforts to increase school achievement in SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. By providing facilities for the development potenstial of its students and engage their students in a non- academic competitions.

Suggestions given in making decisions on teacher training should be conducted on an ongoing basis so that teachers know the management class does the scholls principals also include teachers in teacher development activities under taken by other schools as well as with him. The school principals SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya must also be re-engaging their students in academic competitions. The school principals should have ideas or ideas for the development of school quality.

Keyword : charismatic leadership, the principals decision in fostering teacher, efforts to increase school achievement

.

Published
2016-07-25
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 38