PENGADAAN DAN PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANADI SD INSAN MULYA KOTA BARU DRIYOREJO GRESIK

  • Hendrik Prastiawan

Abstract

PENGADAAN DAN PEMELIHARAANSARANA DAN PRASARANA

DI SD INSAN MULYA KOTA BARU DRIYOREJO GRESIK

Hendrik Prastiawan

Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

E-mail: hendrikprastiawan9@gmail.com

Sulasminten

minsw.kediri@gmail.com

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis pelaksanaan pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana di SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik.

Penelitian ini menggunakan kajian pustaka tentang konsep manajemen sarana dan prasarana, pengadaansarana dan prasarana, serta pemeliharaan sarana dan prasarana

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengadaan sarana danprasarana program di SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik denganmenggunakan proposal.Proposal diajukan ke yayasan dengan daftar kebutuhandan rincian harga. Untuk mempermudah proses pengadaan, sekolah melakukan pengadaan sarana dan prasarana menggunakan anggaran sekolah terlebih dahulu kemudian dilakukan tukar kuitansi dengan yayasan atas dasar persetujuan dan sepengetahuan yayasan. Pengadaan sarana dan prasarana rumah tangga dilakukan oleh sekolah sendiri atas dasar keputusan kepala sekolah dengan menggunakan anggaran yang berasal dari dana BOS serta donatur untuk dihabiskan setiap tahunnya. 2) Pemeliharaan prasaranasekolah di SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik dilakukan dengan pengecekanberkala. Pemeliharaan berdasarkan kondisi bangunan. Pemeliharaan berdasarkankondisi bangunan dapat ditindak lanjuti dengan perbaikan bangunan danpengajuan dana kepada yayasan.Pemeliharaan prasarana sekolah di SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik menjadi tanggung jawab guru (penanggung jawabsarana prasarana). Pemeliharaan saranasekolah di SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik menjadi tanggung jawabmasing-masing penanggung jawab ruang dan penanggung jawab kelas.Pemeliharaan sarana pendidikan masih memebutuhkan gudang penyimpanan danpembenahan dalam pengelolaan.

Kata kunci: Pemeliharaan dan pengadaan sarana dan prasarana, Sekolah Dasar

Abstract

The purpose of this study was to determine, describe and analyze the implementation of the procurement and maintenance of facilities and infrastructure at Elementary School of Insan Mulya Driyorejo Gresik.

This study uses a literature review on the management concept of infrastructure, facilities and infrastructure, as well as maintenance of facilities and infrastructure

The results showed that 1) Procurement of infrastructure programs at Elementary School of Insan Mulya Driyorejo Gresik using the proposal. Proposals submitted to the foundation with a list of needs and price details. To simplify the procurement process, the school do the procurement for use of the school budget first and then do the exchange receipts to the foundation on the basis of the consent and knowledge of the foundation. The procurement for households conducted by the school itself on the basis of the principal's decision to use the budget comes from the BOS funds and donors to be spent each year. 2) Maintenance of school infrastructure at Elementary School of Insan Mulya Driyorejo Gresik done by checking periodically. Maintenance based on the condition of the building. Maintenance based on the condition of the building can be followed up with building repair and submission of funding to the foundation. Maintenance of school infrastructure at Elementary School of Insan Mulya Driyorejo Gresik is the responsibility of teachers (in charge of infrastructure). Maintenance of school facilities at Elementary School of Insan Mulya Driyorejo Gresik is the responsibility of each person in charge of space and the person in charge of the class. Maintenance of educational facilities still memebutuhkan storage facilities and improvements in management

Keywords: Maintenance and provision of facilities and infrastructure, Elementary School

Published
2016-07-26
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 71