KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH(STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 SURABAYA)

  • Panji Asnyoto

Abstract

Abstrak

Melalui pendidikan diharapkan akan melahirkan generasi-generasi yang berkualitas memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang mampu menyesuaikan diri menghadapi dinamika perubahan. Semakin mutu sekolah meningkat maka akan berbanding lurus dengan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi. Kepemimpinan visioner mempunyai peranan penting guna menunjang peningkatan mutu sekolah yaitu mampu menyusun program-program pengembangan sekolah sebagai bentuk mengantisipasi dan persiapan menghadapi dinamika perubahan.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) merumuskan visi sebagai upaya meningkatkan mutu sekolah di SMK Negeri 2 Surabaya; (2) program inovatif pada jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 2.

Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan, (1) Wawancara mendalam, (2) Observasi non partisipan, (3) Studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau simpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukan bahwa merumuskan visi sebagai upaya meningkatkan mutu sekolah di SMK Negeri 2 Surabaya antara lain: (1) visi dirumuskan oleh tim sekolah dengan melibatkan unsur-unsur yang berkompeten dibidang pendidikan dengan melibatkan stakeholder; (2) visi sekolah dirumuskan secara mendalam dengan melakukan analisa kondisi saat ini dengan dinamika perubaan-perubahan; (3) rumusan visi sekolah meskipun berbasis berorientasi global namun tetap mengandung nilai-nilai sekolah dan budaya lokal; (4) rumusan visi mampu menjadi inspiratif, mudah diingat, ambisius dan mampu memberikan semangat hidup bagi personel sekolah; (5) visi berorientasi perbaikan dimasa depan senantiasamembutuhkan dukungan seluruhwarga sekolah. Pelaksanaan program inovatif pada jurusan Teknik Komputer Jaringan meliputi: (1) program inovatif merupakan bentuk perwujudan pencapaian visi; (2) tujuan Program inovatif untuk meningkatkan mutu sekolah pada bidang standart kompetensi lulusan; (3) program inovatif dirumuskan berdasarkan kebuhan dan tuntutan era globalisasi; (4) pelaksanaan program dalam upaya meningkatkan mutu sekolah dijalankan dengan kerjasama seluruh warga sekolah.

Kata kunci: kepemimpinan visioner, mutu sekolah, program inovatif

Abstract

Through education, is expected to give birth to generations of quality have the knowledge, skills and attitudes that can adapt to deal with the dynamics of change. The more the quality of school increases it will be directly proportional to produce graduates who are highly competitive. Visionary leadership has an important role to support school improvement that is able to prepare school development programs as a form of anticipation and preparation for the dynamics of change.The purpose of this study to description and analyzed: (1) formulate a vision as to improve the quality of school at SMK Negeri 2 Surabaya; (2) an innovative program in the Department of Computer Engineering Network at SMK Negeri 2 Surabaya.

In this research, using qualitative methods and uses case study design. Data collection technique used, (1) In-depth interview, (2) non-participant observation, (3) study the documentation. Analysis of the data in this study using data reduction, data presentation and verification, or drawing conclusions. The validity of the data tested using credibility, transferability, dependability and confirmability.

The results show that formulate a vision as to improve the quality of school at SMK Negeri 2 Surabaya, among others: (1) the vision formulated by a team of school by involving elements that are competent in education by involving stakeholders; (2) the school's vision formulated in depth by analyzing the current conditions with the dynamics perubaan-change; (3) although the school vision statement based global-oriented but still contains the values of the school and the local culture; (4) the vision statement capable of being inspirational, memorable, ambitious and able to give the spirit of life for school personnel; (5) oriented vision of future improvement in constant need of support throughout the school community. Implementation of innovative programs in the Department of Computer Network include: (1) the innovative program is an embodiment of achieving the vision; (2) the purpose of innovative programs to improve the quality of schools in the field of standards of competence of graduates; (3) an innovative program formulated by kebuhan and demands of globalization; (4) the implementation of programs to improve the quality of the school is run with the cooperation of the entire school community.

Keywords: visionary leadership, school quality, innovative program

Published
2016-08-11
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 775