KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA GURU (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 SIDOARJO)

  • Anis Sulandari

Abstract

ABSTRAK INDONESIA

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan keterampilan manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru melalui: (1) keterampilan konseptual kepala sekolah dalam mengelola guru di SMP Negeri 1 Sidoarjo, (2) keterampilan hubungan manusia kepala sekolah dalam mengelola guru di SMP Negeri 1 Sidoarjo, (3) keterampilan teknik dalam mengelola guru di SMP Negeri 1 Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan rancangan penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan konsep kepala sekolah dalam mengelola guru dengan melakukan pembagian tugas, dilakukan koordinasi melalui rapat, adanya pembekalan metodologi pembelajaran, (2) keterampilan hubungan manusia kepala sekolah dengan guru dilakukan secara kondusif, harmonis, komunikatif, dan adanya job description, (3) keterampilan teknik kepala sekolah dalam mengelola guru dengan pengawasan internal melalui supervisi, controlling melalui absen, pembagian tugas multilevel.

Kata kunci : keterampilan manajerial, pengelolaan guru

ABSTRACK INGGRIS

The purpose of this study is to identify and explain the managerial skills of principals in managing teachers through: (1) skill concept principals in managing teacher at SMP Negeri 1 Sidoarjo, (2) skills engineering principals in managing teacher at SMP Negeri 1 Sidoarjo, (3) human relations skills principals in managing teacher at SMP Negeri 1 Sidoarjo.

This study used a qualitative approach with descriptive methods and uses case study design. Data collection techniques by using the technique of interview, observation and documentation.Data analysis techniques using data reduction, data presentation, and conclusion. Checking the validity of the data using a credibility (internal validity), transferability (external validity), dependability (reliability), and confirmability ( objectivity).

The results showed that: (1) skill concept of principals in managing teachers to perform the division of tasks, coordination through meetings, their debriefing learning methodologies, (2) human relations skills of principals and teachers conducted in a conducive, harmonious, communicative, and their job description, (3) engineering skills of headmaster in managing teachers to internal controls through supervision, controlling through absent, multilevel division of tasks.

 

Keywords: managerial skills, management of teachers

Published
2016-09-01
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 1212