STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MENARIK MINAT MASYARAKAT DI SEKOLAH FULLDAY(Study Kasus di SD Muhammadiyah Manyar)

  • MUSFIROH HIDAYATI

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MENARIK MINAT MASYARAKAT DI SEKOLAH FULLDAY

(Study Kasus di SD Muhammadiyah Manyar)

Hubungan masyarakat adalah salah satu proses atau kegiatan yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu perusahaan ataupun lembaga. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, tugas dan fungsi humas adalah membina hubungan yang harmonis antara lembaga dan publik dan mencegah timbulnya rintangan atau kesalahan dalam komunikasi yang mungkin tejadi antara dua belah pihak.

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hubungan masyarakat yang diterapkan di SD Muhammadiyah Manyar-Gresik. 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya sekolah dalam menarik minat masyarakat terkait sekolah fullday school di SD Muhammadiyah Manyar-Gresik. Dengan menggunakan metoe pengumpulan data yakni Wawancara Mendalam, Observasi Non Partisipatif, Studi Dokumentasi dan dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan metode studi kasus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi hubungan masyarakat di SD Muhammadiyah Manyar adalah diadakannya rapat kerja secara berkala oleh kepala sekolah dengan dewan guru terkait program kehumasan, pelayanan kepada walimurid dan siswa yang maksimal dalam berbagai hal adalah strategi yang ditonjolkan untuk menarik minat masyarakat, prestasi-prestasi siswa adalah salah satu alat penarik minat masyarakat. Sosialisasi atau blow up oleh media baik cetak maupun elektronik dan sosial diperlukan juga sebagai penghubung terjalinnya hubungan dengan masyarakat yang seimbang, saran dan kritik dari masyarakat sangat diperhatikan, itu juga kiat agar tetap terjagaanya kepercayaan dari masyarakat sekitar. Menggandeng DUDI yang ada dilingkungan sekolah SD Muhammadiyah Manyar dalam setiap program kehumasan dan program sekolah, Ustadz dan Ustadzah dituntut untuk pro aktif. Dan terkait minat masyarakat terkait sekolah fullday school di SD Muhammadiyah manyar Gresik adalah animo masyarakat yang tinggi untyuk menyekolahkan anaknya ke SD Muhammadiyah manyar, dibuktikan dari rombel blajar yang tiap taun selalu dinamis. Partisipasi dan antusiasme walimurid dan masyarakat sekitar sangat besar terhadap program-program maupun acara yang diselenggarakan oleh SD Muhammadiyah Manyar serta masyarakat mengelompokkan SD Muhammadiyah Manyar sebagai sekolah tujuan yang favorit untuk anak mereka. Dalam hal kehumasan SD Muhammadiyah Manyar telah melakukan target dan positioning yang tepat, serta telah menerapkan fungsi pemasaran bisnis dengan tepat dimana organisasi telah memutuskan target manakah yang paling dapat dilayani oleh lembaga atau organisasi tersebut untuk selalu berpikir dan melayani semua pelanggan.

Kata Kunci :strategi hubungan masyarakat, fullday school

ABSTRACT

The Strategy Of Public Relations To Interest Society In Fullday School

(Analysis Study in Muhammadiyah Manyar Elementary School)

Public relations is one of the processes or interactions that deepen the credibility of public to the enterprise also institution. The target of public relations is internal public and external public. The purpose of public relations is to build relationship between institution and public to prevent difficulties and mistakes in communication that may happend each other.

The purposes of this study 1) to know the relationship of society in Muhammadiyah Manyar-Gresik Elementary School. 2) to know the efforts of the school to interest society about fullday schoolinMuhammadiyah Manyar-Gresik Elementary School. In this study, the data collection technique are deepen interview, Non Partisipatif observation, study of documentation, and analysis study.

The result of this study showed that the strategy of public relations in Muhammadiyah Manyar Elementary School are the periodic work meetingthat held by the headmaster with the teachers in order to public relations program, the maximum service to the students and their parent is the main strategy to interest society, the students achievement is one of the way to interest society. Socialization or blow upprinting and elecronic media also socialare needed as a bridge to connect the society relationship, the suggestion and criticism from society are really prominent, that is the way to keep society trust around us. With the environment of DUDI in the Muhammadiyah Manyar school environment that be in every public relations program and school program, Ustadz and Ustadzah must be pro actif. And the main point of society interest of fullday schoolin Muhammadiyah manyar Gresik Elementary School is the high society interest to send their children in Muhammadiyah manyar Elementary School, the prove is from the study percentage that always balance every year. Participation and enthusiasm between parent and society in this school are high, especially to the programs also the events in this school. People classified Muhammadiyah Manyar Elementary Schoolas a favourite school to their children. The public relations of Muhammadiyah Manyar Elementary School was applyed the right target and positioning, also applyed the appropiate function of business market that make the right decision of which one of the target that need to get the best services of the institution or organization. The purposes of this activities are make the customer think and serve all the customers.

Key Words :strategy of public relations, fullday school

Published
2016-09-01
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 2156