MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MA UNGGULAN AMANATUL UMMAH SURABAYA UNTUK MENCAPAI SEKOLAH BERLABEL MADRASAH UNGGULAN

  • MUHAMMAD SAIFUL MUJAB

Abstract

Pendidikan merupakan pedoman hidup bagi manusia yang berkeadaban. Sekolah suatu bentuk miniatur pada sebuah sistem pendidikan dan juga merupakan gambaran dari perkembangan masyarakat. Di era kontemporer dunia pendidikan banyak serangan yang menghambat dalam pertumbuhan dan perkembangan pada keunggulan out put yang akan dihasilkan. Menganalisa hal itu semua memang pendidikan tidak lepas dari suatu pembiayaan yang mempunyai hubungan kausalitas dan berperan penting dalam regulasi pendidikan, apabila dengan biaya yang mencukupi untuk melaksanakan pendidikan tidak akan menjadi penghambat untuk menciptakan pendidikan yang bermutu unggul.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis. (1) Pelaksanaan proses budgeting dalam penentuan penetapan anggaran untuk mencapai sekolah unggulan; (2) Pelaksanaan proses accounting dan auditing di MA Unggulan Amanatul Ummah. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Unggulan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan proses budgeting dalam penentuan penetapan anggaran untuk mencapai sekolah unggulan melaksanakan 5 (lima) proses yaitu: (a) Sumber Dana yang Bervariatif; (b) Kordinasi Setiap Program Jurusan; (c) Pengadaan Buku Hand Out; (d) Subsidi Silang; (e) Produkpembelajaran. (2) Pelaksanaan proses accounting dan auditing di MA Unggulan Amanatul Ummah. Pada accountingnya melaksanakan (Accounting) Pencatatan uang masuk dan keluar. Sedangkan di proses auditingnya (Auditing) pengawasan oleh BSM.

Education is the basic life of civilized people. Moreover, school becomes a miniature of the education system and also as a representation of society development. In this era, education is attacked and it obstructs the development of output superiority as a result. Based on those phenomenons, education cannot be separated from budgeting which has causality relationship and has important role in educational regulation. With sufficient cost in implementation of education will not be an obstacle to creat superior quality of education

This research was aimed to describe and analyze (1) implementation of budgeting process in deciding the establishment of budget in order to achieve superior school label. (2) implementation of accounting and auditing process in MA Unggulan Amanatul Ummah. This research was conducted in Madrasah Aliyah Unggulan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya.

As a result, the school implemented five processes of budgeting process in deciding the establishment of budget in order to achieve superior school label. Those are (a) the fund sources which have variation; (b) Coordination of each program Department; (c) Procurment hand out books (d) Cross-subsidies (e) learning products. In addition, the school implemented the income and outcome entry in accounting process whereas the auditing process was controlled by BSM.

Published
2016-09-01
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 135