peran kepala sekolah dalam implementasi sekolah berbasis entrepreneurship (studi kasus di SMA Muhammadiyah 9rabaya) Su

  • RACHMAWATI DWI FAUZI

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran di sekolah berbasis entrepreneurship. (2) Peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah berbasis entrepreneurship. (3) Peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam evaluasi pembelajaran di sekolah berbasis entrepreneurship. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan memberikan pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif mulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penegasan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian dilapangan dapat dijelaskan sebagai berikut. (1) Peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran di sekolah berbasis entrepreneurship meliputi: Pengadaan mempersiapkan RPP, silabus, mengagendakan program tahunan, mengagendakan kegiatan entrepreneurship. Selain peran utama tersebut di atas, memiliki peran kepala sekolah adalah memotivasi guru dengan memberikan dorongan kepada guru untuk aktif bekerja tujuan, berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, rencana pembelajaran dengan rencana baik bersama dengan guru. Mengesahkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. (2) Peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah berbasis entrepreneurship, dilakukan dengan cara memberikan perintah, memberikan arahan, mendorong semangat, disiplin, memfasilitasi, memotivasi agar terus ber-entrepreneurship menyediakan berbagai bisnis lain sehingga guru mengikuti arah di melaksanakan tugas-tugas yang ditetapkan dalam petunjuk, peraturan atau pedoman telah mapan. (3) Peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam evaluasi pembelajaran di sekolah berbasis entrepreneurship, dilakukan dengan cara pembinaan atau membimbing guru untuk bekerja dengan benar dalam mendidik dan mengajar siswa dengan supervisi penilaian, hasil nilai rapor siswa pada akhir semester, sekolah berbasis entrepreneurship jadi ada aturan khusus juga untuk kelulusan siswa, ada aturan-aturan khusus penilaian pembelajaran. Kata Kunci: peran kepala sekolah, sekolah berbasis entrepreneurship Abstract This study aims to identify and analyze: (1) The role of the principal as instructional leader in the planning of school-based learning in entrepreneurship. (2) The role of the principal as instructional leader in the implementation of school-based learning in entrepreneurship. (3) The role of the principal as instructional leader in the evaluation of school-based learning in entrepreneurship. This study used descriptive qualitative approach with case study method. Data collected by observation, interview and documentation study. Analysis of the data used is qualitative descriptive analysis by providing exposure picture of the situation examined in the form of a narrative description starting from the stage of data collection, data reduction, data presentation, and affirmation of the conclusion. Test the validity of the data using triangulation of data sources, triangulation techniques, and check. The results of the field study can be explained as follows. (1) The role of the principal as instructional leader in the planning of school-based learning in entrepreneurship includes: Procurement of preparing lesson plans, syllabi, scheduled annual program, scheduled entrepreneurship activities. In addition to the above major role, have the principal's role is to motivate teachers by encouraging teachers to actively work purpose, strive to improve the quality of learning, learning plans with a good plan together with the teacher. Ratifying the syllabus and lesson plan that has been created by teachers. (2) The role of the principal as leader of learning in the implementation of learning in school-based entrepreneurship, is done by giving orders, provide direction, encouragement, discipline, facilitate, motivate to keep air-entrepreneurship provides a variety of other businesses so that teachers follow the directions in carrying out the task -tugas specified in the instructions, regulations or guidelines have been established. (3) The role of the principal as leader of learning in the evaluation of learning in the school-based entrepreneurship, is done by coaching or guiding teachers to work properly in educating and teaching students with supervision assessment, the results of student grades at the end of the semester, the school-based entrepreneurship so there also special rules for graduation, there are special rules learning assessment. Keywords: role of the principal, the school-based entrepreneurship

Published
2016-09-13
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 22