PENGARUH MANAJEMEN SENTRA PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI PAUD SE KECAMATAN DAWARBLANDONG KABUPATEN MOJOKERTO

  • ISNAINI LAILATUL BAHRIYAH

Abstract

Abstrak

Manajemen sentra pembelajaran merupakan salah satu model pembelajaran di PAUD yang mengajarkan pembelajaran kepada siswanya dengan sistem belajar sambil bermain. Manajemen sentra pembelajaran terdapat 7 sentra pembelajaran yaitu sentra main peran, sentra balok, sentra agama, sentra seni, sentra bahan alam dan sains, sentra persiapan, sentra musik, sedangkan kompetensi pedagogik guru dimana kemampuan yang harus dimiliki oleh tenaga pengajar agar setiap materi yang di sampaikan ke peserta didik bisa tersampaikan dengan baik dan peserta didik faham akan materi yang di sampaikan oleh tenaga pengajar. Terdapat sebuah kasus yang muncul di PAUD se-Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, yakni kebanyakan dari tenaga pendidik kurang memahami apakah dengan penerapan manajemen sentra pembelajaran dan kemampuan kopetensi pedagogik guru akan mempengaruhi perkembangan kognitif anak. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu manajemen sentra pembelajaran, kompetensi pedagogik guru, dan perkembangan kognitif anak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pengajar PAUD di Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto sejumlah 80 tenaga pengajar. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuisioner dengan menggunakan skala likert, serta studi dokumentasi raport kurikulum 2013. Uji persyaratan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji korelasi product moment, uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas, serta uji asumsi residual menggunakan uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji normalitas residual. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda untuk menjawab hipotesis ketiga, dan analisis uji T untuk menjawab hipotesis pertama dan kedua.

Hasil penelitian pada variabel manajemen sentra pembelajaran terhadap perkembangan kognitif anak memperoleh nilai 0,022> 0,05 maka artinya manajemen sentra pembelajaran terdapat pengaruh dengan perkembangan kognitif anak, sedangkan kompetensi pedagogik guru terhadap perkembangan kognitif anak memperoleh nilai 0,144> 0,05 maka artinya kompetensi pedagogik guru tidak berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak.

Kata Kunci:manajemen sentra pembelajaran, kompetensi pedagogik guru, perkembangan kognitif anak

Abstract

Central education management is one of learning method in PAUD which shows student’s learning process using “Learning while While Playing” system. There are 7 kinds of central education management, which are central of acting out, crossbar, religion, art, natural things and science, preparation, music. Teacher’s pedagogy competence is an ability that teachers must have in order to make the materials of the lessons are easier to be understood by the students. There is one case happenned in PAUD Dawarblandong Mojokerto district, which most of teachers do not understand about the application of central education management and teacher’s pedagogy competence will influence the cognitive development of children.The research used a qualitative approachment which has three variables, central education management , teacher’s pedagogy competence , and children cognitive development . Population of the research is 80 pre-school teacher’s in Dawarblandong Mojokerto. Technique of withdrawal samples in this research is sampling jenuh. Samples accumulation technique of the reserch is questionnaires with likert scale and raport documentation of curriculum 2013. The research used normalitation, linearity test and product moment correlation, classic assumtion test, and residual assumption test using heteroskedastisitas test, autocorrelation test and residual normality test. Data analysis technique and T test analysis to answer first and second hypotheses.

The result of the research about central education management towards children cognitive development gets 0,21>0,05 which means centraleducation management influences children cognitive development, beside, teacher’s pedagogy competence towards children cognitive development gets 0,145>0,05 which means teacher’s pedagogy competence is not influencing children cognitive development.

Key words : Central Education Management, Teacher’s Pedagogy Competence, Children Cognitive Development

Published
2016-11-25
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 83