HUBUNGAN KEPUASAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN SISWA KE PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 3 KOTA MOJOKERTO

  • DITA AYU ARSITA

Abstract

HUBUNGAN KEPUASAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN SISWA KE PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 3 KOTA MOJOKERTO

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan kepuasan layanan perpustakaan dengan minat kunjungan keperpustakan sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, linieritas, uji reliabilitas dan uji korelasi product moment.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Kota Mojokerto sejumlah 810 siswa. Karakteristik subjek penelitian berasal dari tingkat yang berbeda-beda dan umur yang berbeda-beda, dengan kemampuan dan minat berkunjung ke perpustakaan yang beragam dengan sampel 261 siswa. 261 siswa subyek penelitian adalah siswa yang pernah berkunjung ke perpustakaan sekolah, dengan menggunakan angket penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, linieritas, uji reliabilitas dan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil dari korelasi product moment pada variabel kepuasan layanan perpustakaan (X) dengan variabel minat kunjungan siswa memperoleh nilai 0,667> 0,05 , maka artinya terdapat hubungan yang signifikan dari kedua variabel. Dari hasil penelitian dan simpuan yang telah dipaparkan, terdapat saran untuk beberapa pihak yang terkait, antara lain: (1) Bagi kepala sekolah, sebagai pemegang otoritas sekolah harus mengontrol kinerja petugas perpustakaan dan dapat merealisasikan kebutuhan dari siswa yaitu kebutuhan referensi baru guna meningkatkan minat kunjungan siswa, dengan bertambahnya minat siswa untuk membaca akan menambah wawasan dan akan meningkatkan prestasi mereka. (2) Bagi petugas perpustakaan, hendaknya memperbaiki layanan perpustakaan dengan lebih menarik minat siswa dengan cara-cara yang menarik, sikap petugas ramah menyapa dan menolong siswa untuk mendapatkan referensi baru serta penampilan petugas yang menarik. Dengan cara demikian akan mempengaruhi jumlah kunjungan siswa untuk ingin datang keperpustakaan. (3) Bagi peneliti lain, dengan tema yang sama diharapkan menambah lagi kajian teori dan memperkuat landasan teori yang digunakan, penelitian ini masih terbatas pada ruang lingkup pembahasan yang kecil dan diharapkan pada penelitian selanjutnya untuk meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat kunjungan siswa ke perpustakaan.

Kata kunci : Kepuasan Layanan Perpustakaan, Minat Kunjungan.

CORRELATION OF SATISFACTION LIBRARY SERVICES WITH STUDENT INTEREST IN LIBRARY VISIT IN STATE SENIOR HIGH SCHOOL 3 (SMA NEGERI 3) MOJOKERTO

Abstract: This research aims to find out whether there is relationship satisfaction library services with an interest in the visit of the school library. Data analysis technique used is the test of normality, linearity, test reliability and test the product moment correlation. The population in this research is the whole of SMAN 3 Mojokerto students totally 810 students. The characteristics of the subject comes from different levels and ages with the various ability and interest to visit the library. The sample is 261 students which is taken from students who have been to the school library. By using the question form of research. Data analysis technique being used is the test of normality, linearity, test reliability and test the product moment correlation. Based on the results of correlation product moment on library service satisfaction variable (X) with variable interest the visit of students obtaining 0.667 > 0.05, then it means there is a significant relationship of the two variables. From the results of research and the conclusion that have been presented, there are suggestions for some of the parties concerned: (1) For principal, He should control the performance of the officer's library and can realize the needs of the students, the need for a new reference to enhance the interest of students visit. By increasing their interest to read, it will improve their achievement. (2) for the officers of the library, They should improve the library services with various ways that are engaging, friendly greets of the officers and help students to gain a new reference as well as the appearance. In this way it will affect the number of visits of students to come. (3) For other researchers, with the same theme is expected to increase more the study of theory and strengthen the Foundation of the theory being used, this study is still limited in the scope of the discussion and it is expected for the next research to examine other factors that may affect the interest of student to visit the library.

Keyword: satisfaction service library, interest in visit.

Published
2016-12-09
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 164