Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Lamongan

  • Aulia Febri Romadhoni

Abstract

Abstrak

Pemimpin adalah orang yang mempunyai pengaruh, sedangkan kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan yang mempengaruhi, menggerakkan, memberdayakan dan mengembangkan. Sedangkan motivasi sendiri adalah suatu istilah yang berasal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai kekuatan yang terdapat dalam diri individu, yang menyebabkan individu tersebut bertindak atau berbuat. Dalam dunia pendidikan kedua faktor ini akan sangat berpengaruh kepda kinerja, karena ada tiga faktor yang mempengaruhi kinerja, yaitu kemampuan, usaha, dan dukungan. Terdapat kasus di Madrasah Aliyah Negeri bahwasanya kinerja guru dinilai masih rendah. Hal ini terbukti hasil penelitian Asian Develompment Bank yang menyatakan bahwa kinerja guru hanya sebatas mengajar di depan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah guru dari MAN se Kabupaten Lamongan yang berjumlah 123 orang. Analisis data penelitian menggunakan regresi ganda dan uji t.
Berdasarkan hasil analisi data uji t pengaruh secara parsial pada variabel kepemimpinan transfromasional kepala madrasah memperoleh nilai signifikan 0,008 < 0,05 , maka artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Sedangkan hasil data untuk variabel motivasi kerja memperoleh nilai signifikan 0,019 < 0,05 , maka artinya terdapat pengaruh terhadap kinerja guru. Hasil analisi dari tabel persamaan regresi ganda, diketahui nilai Fhitung adalah sebesar 3,652 dan nilai signifikan signifikan yang diperoleh adalah sebesar 0,029. Nilai signifikan ini lebih kecil dari pada nilai alpha 0,5 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru


Abstract
Leaders are people who have influence, whereas transformational leadership is a leadership style influence, move, empower and develop. While the motivation itself is a term derived from the word motive which can be interpreted as the power contained within the individual, which causes the individual act or acts. In the world of education both of these factors will influence the performance kepda, because there are three factors that affect performance, the ability, effort, and support. There are cases in Madrasah Aliyah that teacher performance is still considered low. It is proven research Develompment Asian Bank stating that the performance of teachers merely teach the class. This study uses a quantitative approach to research the type of correlation. The sample in this study were teachers from MAN se Lamongan totaling 123 people. Research data analysis using multiple regression and t test.
Based on the results of data analysis t test partial effect on variable transfromasional headmaster leadership gained significant value 0.008 <0.05, it means that there is a significant influence on the performance of teachers. While the resulting data for work motivation variable gain significant value 0.019 <0.05, it means that there is an influence on teacher performance. The results of analysis of multiple regression equation table, note the value of F is equal to 3.652 and a significantly significant value obtained amounted to 0.029. Significant value is smaller than the alpha value of 0.5 and is therefore rejected H0 and H1 accepted. This means that transformational leadership motivation headmaster and teacher work together on the performance of teachers.
Keywords: Transformational Leadership, Work Motivation and Teacher Performance

Published
2016-12-09
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 64