Strategi Pemasaran Lulusan Melalui Networking Sekolah di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo

  • ISTIQOMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi pemasaran lulusan yang dilakukan oleh SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo dengan memanfaatkan networking (jaringan kerja sama) sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran lulusan melalui networking sekolah dilakukan dengan 3 cara, yaitu kerja sama dengan DU/DI, kerja sama dengan alumni, dan kerja sama dengan orang tua/wali murid. Kerja sama sebagai strategi pemasaran lulusan tersebut dapat diketahui melalui 3 jenis networking sekolah, yaitu networking kultural, networking edukasional, dan networking institusional yang dilakukan oleh SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Berdasarkan matriks analisis SWOT, strategi pemasaran lulusan yang dilakukan oleh SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo termasuk ke dalam strategi aggressive yang berarti bahwa SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo menggunakan kekuatan internal sekolah untuk mendapatkan peluang sebagai upaya untuk memaksimalkan keterserapan lulusan SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Berdasarkan hal tersebut, maka SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo perlu melakukan analisis SWOT tidak hanya dalam setiap perencanaan Program Kerja Tahunan Sekolah, tetapi juga pada penyusunan Program Kerja Humas yang merupakan bagian inti dari pemasaran lulusan. Selanjutnya, keterlibatan DU/DI dan peran serta masyarakat dalam mendukung program sekolah juga dapat meningkatkan keterserapan lulusan di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo.

Kata Kunci: strategi pemasaran, networking sekolah, dan analisis SWOT.

This study aims to find out about marketing strategies of graduates conducted by SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo by utilizing networking (cooperative network) school. This research was conducted by using descriptive qualitative approach with case study design. The results showed that the marketing strategy school graduate through networking done in 3 ways, namely cooperation with DU / DI, working with alumni, and working with parents / guardians of the students. Work together as a graduate marketing strategy can be known through three types of networking schools, namely cultural networking, networking, educational, and institutional networking done by SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Based matrix SWOT analysis, marketing strategy graduates conducted by SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo belong to the aggressive strategy which means that the SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo using the internal strength of the school to get the opportunity as an attempt to maximize the absorption of graduates SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Based on this, SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo need to do SWOT analysis not only for the planning of annual work programs of the school, but also in the preparation of public relation work programs which is the core part of the marketing graduates. Furthermore, the involvement of DU/DI and support community participation in school programs can also increase the absorption of graduates in SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo.

Keywords: marketing strategies, school networking and SWOT analysis.

Published
2016-12-13
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 183