Hubungan Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Kerja dengan Persepsi Kinerja Tenaga Administrasi Di SMP Negeri SE-Kabupaten Sidoarjo Bagian Barat

  • Ardhi Wicaksono

Abstract

Tenaga administrasi bagian dari penunjang peningkan mutu pendidikan, tenaga administrasi punya peran sebagai pemenuhan secara manajemen disekolah, memiliki tingat pengaruh dalam pembanggunan mutu pendidikan. Tenaga administrasi sebagai fungsinya mengelola manajemen disekolah. Batasan Penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Penelitian di lakukan di SMP Negeri se-Kabupaten Sidoarjo Bagian Barat. (2) Penelitian ini di tujukan Tata usaha di SMP Negeri se-Kabupaten Sidoarjo Bagian Barat. (3) Penelitian ini dibuat untuk melihat adanya hubungan kompetensi kepribadian dan motivasi kerja dengan persepsi kinerja tenaga administrasi di SMP Negeri se-Kabupaten Sidoarjo Bagian Barat. Jumlah sekolah terdapat 13 sekolah Negeri, SMPN 1 Balengbendo, dan SMPN 2 Balengbendo, SMPN 1 Prambon,SMPN 1 Tarik, dan SMPN 2 Tarik, SMPN 1 Krian, SMPN 2 Krian, dan SMPN 3 Krian, SMPN 1 Taman, SMPN 2 Taman, dan SMPN 3 Taman dan Kecamatan Wonoayu sebanyak 2 sekolah negeri tingkat Menegah pertama yaitu SMPN 1 Wonoayu, dan SMPN 2 Wonoayu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif Korelasional, Peneliti ingin mengetahui tingkat singnifikan sebuah hubungan kompetensi kepribadian dan motivasi kerja dengan bersama-sama kinerja tenaga administrasi Se-Kabupaten Sidoarjo Bagian Barat. Teknik pengumpulan data ini menggunakan Observasi, Angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan Uji Normalitas, korelasi prodak momen, korelasi ganda dan uji F. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan uji Validitas eksternal. Hasil dari penelitian ini terdiri dari: peraturan Mentri pendidikan No 24 tahun 2008 tentang tenaga administrasi, pemahaman motivasi kerja dengan pendekatan tingkat kebutuhan dan kinerja dengan mengunakan optimalan kinerja TAS ( tenaga administrasi sekolah). Yang diharapkan dari peneliti adalah mengetahi sebuah hubungan anatara variabel dependen kompetensi kepribadian dan variabel dependen motivasi kerja dengan bersama-sama variabel independen kinerja tenaga administrasi

Saran yang dapat digunakan adalah supaya pada kegiatan belajar mengajar di masa yang akan datang pihak sekolah bisa meningkatkan beberapa hal yang dirasa belum maksimal seperti: pemberian memberikan kesempataan untuk kegiatan yang bertujuan memperoleh pengalaman dan ilmu baru seperti kegiatan Trainning, diklat kemapuan administrasi atau Workshop atau kegiatan yang berhubungan dengan rekreasi yang sifatnya mengakrabkan.

Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Motivasi kerja, Kinerja Tenaga administrasi

Administration staff is part of supporting partner in increasing quality of education. Administration staff has important role in management of the school. The limitation of this research were (1) This research was for the administration staff at all of the school in west Sidoarjo. (2) This research was conducted to see the relation of the psychology and motivation of staff administration at All of State Junior High School in west Sidoarjo.There were 13 Junior High School that was used as the object of the research such as SMPN 1 Balongbendo, SMPN 2 Balongbendo, SMPN 1 Prambon, SMPN 1 Prambon,SMPN 1 Tarik, SMPN 2 Tarik, SMPN 1 Krian, SMPN 2 Krian, SMPN 3 Krian, SMPN 1 Taman, SMPN 2 Taman, SMPN 3 Taman, SMPN 1 Wonoayu dan SMPN 2 Wonoayu.

This study used quantitative method. The researcher wanted to know the relation between self-competence and the motivation of administration staff of the school at all of school in west Sidoarjo. The technique of data collection of this research was used Observation, Questionnaire, and Documentation. This research used normality test, product correspondence, double correlation and F test as data analysis. For data validity, it was used external validity test. The result of this research was based on: Government Regulation No.24 Year 2008 about administration staff, understanding of work-motivation with needs level and performance by using TAS (tenaga administrasi sekolah) performance.Hopefully, the researcher knows the relation between dependent variable of self-comptence and work-motivation of the performance of administration staff.

There are some suggestions from the researcher such as hopefully teaching and learning process at the school can be improved, school administration staff can hold training activity and workshop to improve their ability in education field.

Keywords: Self-competence, work-motivation, performance of administration staff

Published
2016-12-27
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 407