Pembinaan Karakter Siswa Melalui Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Hikam Bangkalan Madura

  • Kurnia Ainin Nadifa

Abstract

Abstrak
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan yang bertujuan untuk membentuk mental, moral dan fisik siswa sehingga menghasilkan siswa berbudaya dan bertanggung jawab serta berakhlaq mulia dalam kehidupan pribadi, bermasayarakat, berbangsa dan bernegara.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Nilai-nilai apa saja yang dapat ditingkatkan melalui kegiatan ekstrakurikuler PAI di SMK Al-Hikam; (2) apa saja bentuk ekstrakurikuler PAI yang di selenggarakan di SMK Al-Hikam; (3) pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler PAI dalam pembinaan karakter siswa di SMK Al-Hikam; (4) apa saja factor pendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PAI dalam meningkatkan karakter siswa di SMK Al-Hikam; (5) apa saja faktor penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PAI dalam meningkatkan karakter siswa di SMK Al-Hikam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai karakter yang dapat ditingkatkan melalui kegiatan ekstrakurikuler PAI dilakukan melalui (a) memberikan peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh peserta ekstrakurikuler; (2) bentuk kegiatan ekstrakurikuler PAI; (a) marawis; (b) pidato; (c) tartilqur’an; (e) kaligrafi; dan (f) pengajian mingguan; (3) pelaksanaan program kegiatan pelaksanaan ekstrakurikuler PAI (a) marawis dan pidato dilaksanakan hari kamis pukul 15.00-17.00 WIB; (b) tartil qur’an dan kaligrafi dilaksanakan hari jum’at pukul 18.00-20.00 WIB; (c) pengajian mingguan dilaksanakan hari minggu pukul 07.00-09.00 WIB; (4) adapun faktor pendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PAI (a) memiliki manajemen pengelolaan yang baik; (b) adanya semangat pada diri siswa; (c) adanya komitmen dari kepala sekolah, guru serta siswa; (5) factor penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PAI (a) sarana dan prasarana yang kurang memadai; (b) sulitnya pihak sekolah untuk meminta izin ke pihak ketua yayasan; (c) dalam pengelolaan kegiatan cenderung kurang koordinir.
Kata Kunci : pembinaan karakter, kegiatan ekstrakurikuler
Abstract
Islamic educational in vocational high scool which is to from the mental, moral and physical students so that students produce cultured and responsible and noble attitude in personal life, society, nation, and state.
This research will discuss about: (1) The values that can reach through religion extracurricular in Al-Hikam Vocational School; (2) Program related to religion extracurricular in Al-Hikam Vocational School; (3) The implementation of religion extracurricular for build student character in Al-Hikam Vocational School; (4) Supporting factors of implementing extracurricular program to reach student character in Al-Hikam Vocational School; (5) factor inhibiting of implementing religion extracurricular program to enrich student character in Al-Hikam Vocational School.
Implementation of this research use descriptive qualitative approach with fenomenology method. Data collected by interview, observation, documentation study. Analysis of the data used is credibillity,dependability, transferrability, and confirmability. The results of research in the field can be explained as follows. (1) Character values that can be enhanced through religion extracurricular, is done through: (a) giving rules for the student who followed on this extracurricular; (2) Program related to religion extracurricular are: (a) marawis; (b) speech; (c) tartil; (d) gak calligraphy; (e) weekly activities of religion ; (3) The implementation of religion extracurricular for build student character in Al-Hikam Vocational School (a) marawis and speech held on Thursday, 15.00-17.00 pm; (b) tartil and calligraphy held on Friday, 18.00-20.00 pm; (c) weekly halqah held on Sunday, 07.00-09.00 am; (4) Support factor of implementing religion extracurricular program are (a) a good management of the extracurricular; (b) spirit of students to entering extracurricular program; (c) the commitment of principals, teachers, and students; (5) Factor inhibiting the implementation of religion extracurricular activities (a) facilities and infrastructure inadequate; (b) difficulty to ask permission to the chairman of the foundation; (c) lack of coordination management.
Keywords: character building, shape character, and implementation of character

Published
2017-01-04
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 249