pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di smp negeri se-kecamatan candi sidoarjo

  • Falaqiyatul Kautsar Abdi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di SMPN se-Kecamatan Candi Sidoarjo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu guru di SMPN se-Kecamatan Candi Sidoarjo, yang terdiri dari tiga sekolah yaitu SMPN 1 Candi Sidoarjo, SMPN 2 Candi Sidoarjo, dan SMPN 3 Candi Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh guru di SMPN se-Kecamatan Candi Sidoarjo yang berjumlah 128 guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dengan rumus Product Moment dari Pearson dan uji Reliabilitas instrumen dengan rumus Cronbach Alpha, yang dilakukan pada 30 guru di luar sampel yaitu di SMP Negeri Waru Sidoarjo. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji korelasi product moment. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh secara signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Candi Sidoarjo dibuktikan dengan taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan efektif motivasi berprestasi sebesar 83,5% sedangkan 16,5% kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Candi Sidoarjo dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan. Dari hasil penelitian dan simpulan yang telah dipaparkan, terdapat saran untuk beberapa pihak yang terkait, antara lain (1) Bagi para guru di SMP Negeri se-Kecamatan Candi Sidoarjo untuk mempertahankan kinerja yang telah dicapai serta mampu mengoreksi kekurangan serta kelemahan yang dimiliki, sehingga akan berguna dan berdampak baik bagi diri guru sendiri, instansi, maupun peserta didik yang di didiknya. (2) Bagi Kepala Sekolah SMP Negeri se-Kecamatan Candi Sidoarjo untuk selalu mengapresiasi hasil kerja para guru yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal, sehingga guru akan selalu termotivasi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya lebih baik dari sebelumnya. (3) Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian dengan tema yang sama, disarankan untuk menambah variabel independen lainnya selain motivasi berprestasi, karena masih terdapat 16,5% faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru.

Kata kunci : motivasi berprestasi, kinerja guru

The purpose of this study is to determine the effect of achievenemt motivation on the junior high school teacher’s performance in Candi district, Sidoarjo. The method of this study is quantitative associative. The populations of this study are the junior high school teachers in Candi district, Sidoarjo, consisting of SMPN 1 Candi Sidoarjo, SMPN 2 Candi Sidoarjo, dan SMPN 3 Candi Sidoarjo. Samples were taken as much as 128 teachers. The method of data collection used are questionnaire and documentation. The formula of the validity test is Pearson’s Product Moment and the reliability test is Cronbach Alpha, which was conducted on 30 teachers outside the sample. Before the data were analyzed, there is analysis prerequisite test including normality test, linearity test, and product moment correlation test. Data analysis theqnique used is simple linear regression analysis. The result showed that there is a significant effect of achievement motivation on the junior high school teacher’s performance in Candi district, Sidoarjo proved by the significant levelof 0,000 is smaller than the alpha 0,05. This study shows the effective contribution of achievement motivation is 83,5% while 16,5% of the junior high school teacher’s performance in Candi district, Sidoarjo affected by another factors. Therefore, the overall results support the hypothesis. From the results and conclusions that have been described, there are some suggestions for some of the parties concerned, that’s are (1) For the teachers to maintain the performance achieved and be able to correct the deficiencies and weaknesses, so it will useful and good for themselves, institutions, as well as their students. (2) For the principal to always appreciate the teachers who have been carrying out their duties and functions to the maximum, so the teacher will always be motivated to carry out its duties and functions better than ever. (3) For researchers who will conduct research on the same topics, it is recommended to add more another independent variables, because there are still 16.5% of other factors that can affect the the teacher’s performance.Keyword: Achievement Motivation, Teacher’s Performance

Published
2017-01-05
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 24