OPTIMALISASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU OLEH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SMK NEGERI BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

  • Nia Firdaus

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis; 1) Upaya Kepala Sekolah dalam Mengoptimalisasi Kompetensi Profesional Guru di SMK N Brondong; 2) Kendala dalam Mengoptimalisasai Kompetensi Profesional Guru Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Sekolah di SMK N Brondong; 3) Faktor Pendukung dalam Upaya peningkatan Mutu Sekolah Melalui Kompetensi Profesional Guru di SMK N Brondong; 4) Pencapaian Mutu Sekolah Melalui Kompetensi Profesional di SMK N Brondong.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian ini adalah: 1) upaya yang di lakukan kepala sekolah dalam mengoptimalisasi kompetensi guru yaitu melakukan pembinaan guru dan mengirim guru untuk mengikuti pelatihan atau workshop; 2) kendala dalam mengoptimalisasi kompetensi profesional guru yaitu kendala waktu, biaya, kurangnya minat atau kesadaran guru untuk mengembangkan kompetensinya dan minimnya pengadaan pelatihan guru; 3) Faktor pendukung dalam mengoptimalisasi kompetensi profesional guru yaitu faktor dari keinginan guru sendiri untuk mengembangkan kompetensi yang di miliki; 4) peningkatan mutu sekolah melalui kompetensi profesional guru menunjukan hasil yang bagus dalam dunia perkuliahan banyak di terima di perguruan tinggi Negeri, dan banyaknya siswa yang di terima di dunia kerja.
Kata kunci: Kompetensi Profesional Guru, Peningkatan Mutu Sekolah.
Abstract
This research aim to describe and analyze: 1) principal’s efforts in optimize teacher’s professional competence on SMK N Brondong; 2) Problems in optimize teacher’s professional competence as an school quality improvement efforts, 3) supporting factor in school quality improvement effortsthroughteacher’s professional competence on SMK N Brondong; 4) school quality achievement through teacher’s professional competence on SMK N Brondong.This research was a descriptive research with qualitative approach. Data collecting technique applied with interview, observation, and documentation. Data analysis in this research applied data reduction data presentation and data verification. Research results were: 1) efforts which has conducted by principal in optimize teacher’s competence namely through teacher development and send them to followed training or workshop, 2) problems in optimized teacher’s professional competence namely time, funding, lack of interest or awareness to develop its competence and the lack of teacher training provisioning; 3) supporting factors in optimized teacher’s professional competence namely teacher’s internal factor to develop owned competence; 4) school quality improvement through teacher’s professional competence showed good result in college world which many received in state university, and many student who received in work world.
Keywords: teacher’s professional competence, school quality improvement.

Published
2017-01-09
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 641