IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS DI MA HASAN JUFRI SANGKAPURA GRESIK)

  • NUZULUR ROHMAH

Abstract

Abstrak

Penumbuhan karakter di sekolah sangat perlu dilakukan, karena sekolah mampu menjadi wahana yang strategis dan fleksibel yang memungkinkan semua peserta didik dengan latarbelakang sosial budaya ekonomi yang beragam, bisa dilatih untuk saling beradaptasi dan berinteraksi sesama sehingga terbentuk karakter yang baik. tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter apa saja yang ingin ditumbuhkan pada peserta didik di MA Hasan Jufri; (2) untuk menjelaskan cara mengimplementasikan pendidikan untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter tersebut pada peserta didik di MA Hasan Jufri.

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Rancanganpenelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Tahap penelitian lapangan dilakukan dengan tahap pra lapangan, di lapangan, analisis data, dan penyusunan laporan.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai yang ditumbuhkan pada peserta didik di MA Hasan Jufri yaitu nilai-nilai karakter dari pemerintah dengan mengutamakan aspek religiusnya dan akhlakul karimahnya. (2) Cara mengimplemtasikan pendidikan dengan menumbuhkan nilai-nilai karakter tersebut pada peserta didik yaitu dengan: (a) Sosialisasi baik dari pihak yayasan, kepala sekolah dan para guru; (b) Keteladanan yang dicontohkan oleh kepala sekolah, guru, staf, dan pemberian penghargaan bagi guru dan siswa teladan; (3) Pembiasaan yang dijadikan kegiatan sekolah, seperti sholat dhuha dan pembacaan wirdullathif berjamaah, sholat dhuhur dan hataman Al-Qur’an berjamaah, dan kegiatan TURBA (turun ke bawah).

Kata Kunci: Pendidikan karakter, nilai karakter, cara menumbuhkan.

Abstract

Growing character in the school is necessary, but the school can be strategic and flexible place which is imposible for every student in many kinds of social and economic background to be able to learn adapting and interacting each other, so that it can be formed the good character.

This research uses a kualitative descriptive method. The research plan which is used is case study method. The data collection uses interview, observation, and documentation. The data analysis is reducing data, presentation and conclusion. Checking the validity of the data is credibility, dependability, transferability and confirmability test. The stage of researching in the field is carryied out with before field, in a field, data analysis and report writing.

The result of the reasearch is (1) the values that is grown towards the students in Hasan Jufri Senior High School are character value from the goverment especially religious and moral aspect. (2) the way to implement the education by growing the character values towards the students are: (a) doing socialization either the institute, Principal, or the teachers: (b) good example which is shown by the headmaster, the teachers, staff, and giving a reward for good exampled teachers and students; (3) a custom that is made as school activity, such as dhuha prayer, dhuhur prayer, reciting wirdullathif and Al-Qur’an together and TURBA (turun ke bawah).

Keywords: Character Education, Characteristic value, growing way.

Published
2017-01-09
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 1436