UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI PAUD INKLUSI PELANGIKU JOMBANG

  • SHELA ERVIANA

Abstract

Abstrak

Kepala sekolah merupakan orang yang mempunyai pengaruh besar dalam sebuah sekolah. Kepala sekolah harus mampu untuk mendayagunakan sumber daya pendidikan terutama guru. Dibutuhkan upaya nyata kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru merupakan salah satu tugas penting yang dimiliki kepala sekolah. Karena guru sebagai ujung tombak pendidikan yang menentukan kualitas siswanya. Peningkatan kualitas guru tersebut dapat melalui training, workshop, pelatihan, diklat, sharing, dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendiskripsikan dan menganalisis upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di PAUD Inklusi Pelangiku Jombang. (2) Untuk mendiskripsikan dan menganalisis kualitas guru di PAUD Inklusi Pelangiku Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk meningkatkan kepercayaan hasil penelitian maka dilakukan pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini yaitu, kepala sekolah telah mengupayakan dalam meningkatkan kualitas guru seperti memiliki kriteria sendiri dalam merekrut guru meskipun memiliki latar belakang pendidikan yang beraneka ragam, mengutamakan kebutuhan guru, merencanakan program-program dalam meningkatkan kualitas guru seperi workshop, training, sharing, seminar, diklat, lomba APE antar guru, dan memberikan dukungan penuh terhadap program peningkatan kualitas guru yang sedang direncanakan. Kepala sekolah juga menjaga kualitas guru yang ada dengan melakukan pengawasan dan pengontrolan melalui kegiatan sehari-hari, melakukan evaluasi, dengan tetap memperhatikan kesejahterahan guru dengan tidak membuat guru terbebani akan tugas dan tanggungjawabnya.

Kata kunci : upaya kepala sekolah, kualitas guru

Abstract

Principal is a person who has a big influence in a school. Principal should be able to utilize the educational resources, especially teachers. It takes real effort to improve the quality of teachers. Principal efforts in improving the quality of teachers is one of the important tasks that are owned by principal. Because the teacher as the spearhead of education determines the quality of their students. Teacher quality improvements can be through training, workshops, sharing, and evaluation. The purpose of this study was : (1) to describe and to analyze the efforts made by the principal in improving the quality of teachers in early childhood inclusion Pelangiku Jombang. (2) To describe and to analyze the quality of teachers in early childhood Inclusion Pelangiku Jombang. This study used a qualitative approach. Retrieving data using interview, observation and documentation techniques. Data were analyzed byusing data reduction, data display, and conclusion. To increase the evidence in research results, the validity of the data can be checked by using the credibility test, transferability test, dependability test, and confirmability test. The results of this study, namely, the principal has made the efforts to improve the quality of teachers such asto have their own criteria to recruit teachers despite having diverse educational background, to prioritize the needs of teachers, to plan programs to improve the quality of teachers such as workshops, training, sharing, seminars, APE competition among teachers, and to provide full support to the program of improving the quality of teachers which is being planned. The principal also maintain the quality of existing teachers by monitoring and controlling through daily activities, conducting evaluations, giving attention to the teachers prosperity by not burdening teachers with their duties and responsibilities.

Keywords: Principal efforts, the quality of teacher

Published
2017-01-09
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 289