PELAKSANAAN PROGRAM ENGLISH OUT SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA BERBAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 1 MADURAN LAMONGAN

  • M. NuMan Arif

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui dan menganalisis; (1) penerapan program EOS dalam meningkatkan kompetensi siswa berbahasa Inggris; (2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan program EOS; (3) mengetahui solusi untuk menghadapi hambatan dalam pelaksanaan program EOS.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, teknik penumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan memberceck.

Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut; (1) ada 4 hal yang menjadi dasar dalam terlaksananya program EOS: (a) penggunaan metode bilingual dalam pembelajaran di kelas unggulan; (b) metode belajar yang digunakan program EOS dirasa sudah tepat; (c) menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk efisiensi pelaksanaan program; (d) meningkatnya kompetensi siswa setelah mengikutiEOS; (2) Ada beberapa faktor pendukung dan hambatan dalam pelaksanaan program EOS: (a) masalah biaya hidup; (b)kurangnya rasa percaya diri para siswa. Sementara itufaktor pendukung ada dalam penggunaan metode bilingual yang diterapkan di kelas unggulan; (3) Dalam menghadapi hambatan yang ada, pihak sekolah memiliki beberapa cara seperti menjalin silaturrahmi dengan wali murid dan mengupayakan setiap sumber daya yang ada.

Kata kunci: program pembelajaran, bahasa Inggris, kompetensi siswa

Abstract

This study aims to identify and analyze: (1) The implementation of EOS program in increasing students’ english competences; (2) to know inhibiting and supportive factors in managing EOS program; (3) to know how is the solution to face obstacles in implementing the EOS Program.

This study used descriptive qualitative approach with case study method. Data collected by observation, interview and documentaion study. the validity test of the data using triangulation of data source, triangultin techniques, and membercheck.

The result of the study can be explained through these elaborations; (1) there are 4 basic things in implementing EOS program: (a) bilingual method are implemented on classical learning in advanced class; (b) learning method which is used in EOS is suitable; (c) in implementation ofEOS, it needs cooperative work with others to reach for the eficiences; (d) students’ competence is increased after the EOS is implemented (2) there are several inhibiting and supportive factors found in implementing EOS; (a) living cost fee; (b) lack of confidence of student. In other side, there is a supportive factor found in implementation ofEOS program such as the use of billingual method in advanced class; (3) to overcome any obstacles, the school does some strategies, such as building up intent communication with students’ parent and strive every existing resources.

Keywords: learning program, english language, students’ competences.

Published
2017-01-10
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 104