STRATEGI PENCITRAAN DAN KOMUNIKASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA(STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA)

  • FARIANI KHOLIDIA MASITAH

Abstract

ABSTRAK

 

STRATEGI PENCITRAAN DAN KOMUNIKASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA

(STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA)

Nama : Fariani Kholidia Masitah

NIM : 12010714052

Program Studi : S1

Jurusan : Manajemen Pendidikan

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Muhammad Syafiq, M.Pd

Pencitraan dan komunikasi yang baik penting dilakukan oleh sekolah, terutama sekolah swasta. Strategi yang baik perlu diupayakan agar sekolah diminati masyarakat. Persaingan dalam menarik minat masyarakat memilih suatu sekolah semakin ketat, khususnya sekolah swasta. Hal ini menuntut sekolah swasta untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan strateginya dalam pencitraan dan komunikasi agar dapat meningkatkan jumlah siswanya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai: (1) Strategi pencitraan sekolah dalam upaya meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. (2) Strategi komunikasi yang dilakukan dalam upaya meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)Strategi pencitraan sekolah dalam upaya meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surabayayaitu dengan membentuk persepsiyangbaik meliputi pengadaan lokasi sekolahstrategis,prestasi sekolah, pengadaan guru berkompeten, membentuk kognisijikabersekolah di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya siswa akan berprestasi, membentuk motivasidengan adanya diskon khusus jika ada saudara yang diajak untuk bersekolah di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya,membentuk sikap dari motivasi akan membentuk sikap/kecenderungan masyarakat bertindakuntuk menyekolahkan putra-putrinya di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya (2)Strategi komunikasi yang dilakukan dalam upaya meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surabayayaitu dengan memilih komunikator yang baik untuk kegiatan PPDByakni bagian hubungan masyarakat, guru tertentu yang sudah ditunjuk, alumni yang telah memasuki sekolah favorit, dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Surabaya sendiri kemudian menjalin komunikasi melalui media cetak seperti Majalah Matan, Majalah Lazizmu, Majalah Suara Muhammadiyah, Koran Radar Surabaya, Jawa Pos, Koran Surya, media elektronik seperti Indosiar, SBO, website, dan jejaring sosial, melakukan komunikasi melalui aplikasi android seperti whats app grup dan line, melalui brosur, spanduk di perempatan jalan dan di depan sekolah, serta banner besar yang berada di depan sekolah.

Kata kunci : strategi pencitraan, strategi komunikasi

 

ABSTRACT

 

IMAGING AND COMMUNICATION STRATEGY IN INCREASING EFFORTS THE NUMBER OF STUDENTS

(CASE STUDY IN SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA)

 

 

Name : Fariani Kholidia Masitah

SIN : 12010714052

Study Pogram : Management Education

Faculty : Faculty of Education

Institution : State University of Surabaya

Advisor : Muhammad Syafiq, M. Pd.

Good imaging and communication are important to be done by the school, especially private school. Good strategy is needed to be efforted in order to school is interested by society. Competition in interesting society interest to choose a school is nore tight, especially private school. This case demands private school to more respect and increase its strategy in imaging and communication in order be able increase its total pupil. Objective of this study is to describe about: (1) School imaging strategy in increasing effort amount of pupil in SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. (2) communication strategy which is done in increasing effort amount of pupil in SMP Muhammadiyah 1 Surabaya.

This study used qualitative approach by using study design of case study. Technique of collecting data used interview technique, observation and documentation. Technique of analyzing data used analysis of qualitative descriptive by three steps which are data reduction, data serving and conclude conclusion. Checking data validity by using credibility, transferability, dependability and confirmabilty.

Result of the study shows: (1) School imaging strategy in increasing effort amount of pupil in SMP Muhammadiyah 1 Surabaya which is good covers procurement of strategic school location; school achievement; supplying competence teachers; teachers quality and nice employee, forming motivation with there is special discount if there is sibling who can be asked to study in SMP Muhammadiyah 1 Surabaya, forming attitude from motivation will form attitude/tendency to act society to send to school their children in SMP Muhammadiyah Surabaya, (2) Communication strategy which is done in increasing effort amount of pupil in SMP Muhammadiyah 1 Surabaya which is choosing communicator which is good for activity of PPDB is pasrt of public relation, particular teacher who was pointed, alumnus who was enter favorite school and students of SMP Muhammadiyah 1 Surabaya it self and then connecting communication by printed media such as Matan magaizen, Lazizmu magazine, Suara Muhammadiyah magazine, newspaper of Radar Surabaya, Jawa Pos and Surya, electronic media such as such as Indosiar, SBO, website and social media, doing communication by android application such as whatsapp group and line, by brochure, banner in intersection of street and in front of the school, also big banner which is in front of the school.

 

 

Keyword: imaging strategies, communication strategies

Published
2017-01-16
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 813