Pembentukan Karakter dalam Kurikulum Islam Terpadu di TK Darul Arqom Babatan Indah Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang pembentukan karakter dalam kurikulum Islam terpadu. Latar belakang penelitian ini melihat realita degradasi moral yang saat ini tengah melanda generasi muda. Diperlukan adanya inovasi pendidikan karakter dalam penerapan kurikulum Islam terpadu. Sehingga studi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa tentang proses pembentukan karakter dalam penerapan kurikulum Islam terpadu di intansi pendidikan anak usia dini, dengan sub fokus: (1) Pendidikan karakter terintregrasi dalam pembelajaran: (2) Pendidikan karakter dalam program pengembangan diri: (3) Pendidikan karakter dalam budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data analisa dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pendidikan karakter terintregrasi dalam pembelajaran dengan melakukan perencanaan dari penyusunan silabus, yaitu dengan mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar sebagai upaya pembuatan PROTA, PROSEM, RKM, RKH dan RPP, sehingga dapat diintregrasikan dengan nilai-nilai karakter. (2) Pendidikan karakter terintregrasi dalam program pengembangan diri adalah upaya menyisipkan nilai-nilai karakter pada kegiatan-kegiatan peserta didik sehari-hari, yaitu pada kegiatan belajar, bermain, hafalan, pelatihan, rekreasi. (3) Pendidikan karakter terintregrasi dalam budaya sekolah merupakan upaya sekolah menerapkan nilai-nilai dalam sistem semi boarding school sebagai penjagaan nilai-nilai dan kekuatan bersama agar nilai karakter senantiasa dijaga dan diterapkan.
Kata kunci:Pendidikan karakter, pembelajaran, pengembangan diri, budaya sekolah.
Character Building of Intregred Islamic Curriculum in Darul Arqom Kindergarten Babatan Indah Surabaya
Abstract
This research discusses about character building in the Islamic integrated curriculum. The background of this research see the reality of moral degradation which is recently engulfing the younger generation. It needs to make innovation of character building in the application of Islamic integrated curriculum. So, the goal of this study is to determine and analyze the process of character building in the application of Islamic integrated curriculum in the early chilhood education institute, with sub-focus: (1) Integrated character education in learning: (2) Integrated character education in self-development program: (3) Integrated character education in the school culture.
This research use qualitative approach and case study design. Data collection techniques use observation, interviews and documentation. Data analysis by using data reduction, data presentation and data verification. Checking the validity of the data is done with credibility, transferability, dependability and confirm ability.
The result show that: (1) Integrated character education in learning with planning of syllabus, namely by assessing the standard competence and basic competence in an effort to make PROTA, PROSEM, RKM, RKH and RPP, so it can be integrated with character values. (2) Integrated education character in self-development program is an effort to insert the values of characters in daily activities of students, namely in learning activities, playing, memorization, training, recreation. (3) The integrated character education in the school culture is the effort of school to apply the values in semi-boarding school system as the guardof values and joint strength in order to make the character values set maintained and applied.
Keywords: Character building, learning, self-development, school culture.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

