MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN DI SDN LIDAH KULON 1 SURABAYA

  • Apriliani Hartini Namat

Abstract

Abstrak: Pendidikan lingkungan dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam masalah lingkungan. Penelitian ini difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berbasis lingkungan di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya dengan pendekatan penelitian kualitatif dan rancangan penelitian studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan, mendeskripsikan dan memaparkan manajemen kurikulum berbasis lingkungan di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya. Aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara model interaktif dengan uji keabsahan data meliputi  triangulasi, membercheck dan kecukupan referensial. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Studi ini menunjukkan (1) tujuan dan konten kurikulum berbasis lingkungan dirancang dengan menyesuaikan visi, misi dan tujuan sekolah yaitu peduli dan berbudaya lingkungan serta merancang semua program pendukung pengimplementasi kurikulum berbasis lingkungan (2) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan menggunakan sistem integrasi, (3) evaluasi dilakukan melalui rapat kordinasi untuk melihat progress, dilakukan dengan tes tulis, lisan dan portofolio, tujuan dan fungsi evaluasi kurikulum adalah menilai seberapa jauh keberhasilan kurikulum yang telah dijalankan, dampak dari pengimplementasian kurikulum berbasis lingkungan, dan untuk mendukung kegiatan adiwiyata yaitu menumbuhkan karakter peduli dan berbudaya lingkungan pada siswa-siswi sesuai dengan visi misi sekolah. Ketiga tahapan tersebut merupakan proses pengimplementasian kurikulum berbasis lingkungan sehingga menghasilkan manajemen kurikulum lingkungan sebagai basis pengembangan kurikulum, terlaksananya kurikulum secara efektif dan efisien, peningkatan kualitas pembelajaran dan tumbuhnya karakter peduli lingkungan di seluruh personil sekolah khususnya siswa.

Kata Kunci: Manajemen, kurikulum, dan lingkungan

Published
2017-05-05
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 161