UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKTRAKURIKULER KARYA ILMIAH DI SMAN 21 SURABAYA

  • Lika Ardilawati

Abstract

Kegiatan ektrakurikuler adalah salah satu layanan sekolah yang diatur dalam manajemen peserta didik, yang dilaksanakan di luar jam belajar kurikulum standar yang berorientasi pada pengembangan pribadi peserta didik sesuai dengan minat bakatnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Strategi kegiatan ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang meliputi; a) Rapat rencana kegiatan ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR); b) Kerjasama dengan alumni dalam kegiatan ektrakurikuler KIR; (2) Pembinaan kegiatan ektrakurikuler KIR dalam upaya pengembangan kreativitas peserta didik di SMAN 21 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1a) Rapat rencana kegiatan ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) di SMAN 21 Surabaya meliputi rencana strategi kegiatan dan rencana operasional kegiatan ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR); 1b) Kerjasama dengan alumni meliputi partsipasi fisik maupun mental baik sebagai motivator, informan, maupun pembimbing peserta didik di bidang karya ilmiah; 2) Pembinaan kegiatan ektrakurikuler KIR di SMAN 21 Surabaya dilaksanakan seminggu sekali dengan menggunakan formt kelompok serta metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan observasi lapangan. Secara umum rencana kegiatan, peran serta alumni, dan pembinaan kegiatan ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) dapat mengembangkan kreativitas peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan motoriknya.

Published
2017-05-05
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 84