MANAJEMEN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEMATIK INTEGRATIF DI SD NEGERI TUGU KECAMATAN PURWOASRI KEDIRI

  • Puput Ariyanti

Abstract

Pada kurikulum 2013 memuat konsep pembelajaran terpadu atau tematik integratif yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta kendala dan upaya dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik integratif di SD Negeri Tugu Kecamatan Purwoasri Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengkondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transfermabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, perencanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik integratif di SD Negeri Tugu dimulai pada awal tahun ajaran baru dengan kegiatan menyusun perengakat pembelajaran meliputi pembuatan program tahunan, program semester, silabus dan RPP. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendeketan tematik integratif di SD Negeri Tugu dilakukan dengan sistematis mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Media yang digunakan adalah papan tulis dan kertas bergambar. Metode yang digunakan tanya jawab, diksusi, ceramah dan pengamatan diluar kelas. Ketiga, evaluasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik integratif terdapat evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Keempat, kendala dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik integratif adalah media pembelajaran yang kurang tersedia dan kurangnya dana dalam pemenuhan pengadaan media pembelajaran serta tidak terpenuhinya alokasi waktu yang sudah direncanakan sebelumnya. Selain beberapa kendala, terdapat upaya yang dilakukan oleh sekolah antara lain yaitu, guru lebih kreatif dalam memanfaatkan lingkungan atau barang disekitar untuk dibuat media pembelajaran dan mngoptimalkan dana BOS secara efektif dan efisien.

Published
2017-05-05
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 96