MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS KANTIN SEKOLAH DI SMP NEGERI 11 SURABAYA (STUDI KASUS)

  • DIAN WIDYAWATI ANGGARI

Abstract

Kantin sekolah adalah layanan khusus yang menyediakan makanan dan minuman, secara tidak langsung mengajarkan pendidikan kesehatan dan sosial kepada siswa, namun di Indonesia kurang dikelola dengan baik. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menelaah: (1) Perencanaan, (2) Pengorganisasian, (3) Pelaksanaan, dan (4) Pengawasan layanan khusus kantin di SMP Negeri 11 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji depenabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan sesuai prinsip (kesehatan, edukatif, keterjangkauan, kooperatif), prinsip membantu siswa yang kurang karena bentuk layanan wait service system tidak memperhatikan kecepatan pelayanan, sarana dan prasarana disediakan dengan beberapa syarat kurang terpenuhi. (2) Pengorganisasian secara tidak langsung oleh guru untuk mengajarkan kompetensi sosial mengenai kantin dan peneliti muda di instalasi pengolahan air limbah, dan secara langsung dengan beberapa syarat kurang terpenuhi. (3) Pelaksanaan dengan; (a) sosialisasi menjalankan fungsi communicator, (b) pelatihan menjalankan fungsi leader dengan beberapa syarat kurang terpenuhi, (c) menjalankan fungsi motivator, (d) menjalankan fungsi director dengan beberapa syarat kurang terpenuhi sehingga siswa sangat kurang mencerminkan prinsip dan tujuan kantin edukatif, fungsi edukatif dan normatif. (4) Pengawasan dengan beberapa syarat kurang terpenuhi dan tidak memenuhi manfaat kantin keterlibatan masyarakat. Secara umum manajemen layanan khusus kantin di SMP Negeri 11 Surabaya dapat dikategorikan baik namun perlu meningkatkan kecepatan layanan, kepengurusan, pelatihan, pengarahan pada siswa, dan pengawasan.

 

Kata Kunci: manajemen, layanan khusus, kantin sekolah.

Published
2017-05-12
Abstract Views: 450
PDF Downloads: 413