STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

  • Desy Widyawati

Abstract

Abstrak

Kegiatan literasi merupakan aktivitas penting dalam pendidikan yaitu sekolah untuk memperoleh pengetahuan dan informasi yang baru. Kepala sekolah, guru dan pustakawan mempunyai peran penting dalam meningkatkan budaya literasi di sekolah. Untuk itu diperlukan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan literasi sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang strategi kepala sekolah, guru, dan pustakawan dalam meningkatkan budaya literasi di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian adalah, (1) strategi kepala sekolah untuk meningkatkan budaya literasi yaitu dengan membuat program klub literasi untuk siswa dan sekolah menulis untuk guru yang bekerja sama dengan pihak penerbitan buku dan pelatihan menulis. Selain itu mengadakan perpustakaan kelas dan bekerja sama dengan Jawa Pos; (2) strategi guru untuk meningkatkan budaya literasi yaitu dengan membuat perencanaan pembelajaran dan memberikan tugas sesuai dengan yang diajarkan serta sesuai dengan yang ada di buku sehingga siswa mau membaca. Selain itu guru memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu membaca; (3) strategi pustakawan untuk meningkatkan budaya literasi yaitu dengan memberikan pelayanan sirkulasi dan referensi, pengadaan buku dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan siswa dan guru, serta memberikan fasilitasi yang baik dan nyaman. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepala sekolah membuat kebijakan pada program untuk peningkatan budaya literasi di sekolah, guru membuat perencanaan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa untuk membaca, dan pustakawan memberikan pelayanan perpustakaan yang baik dengan pemberian pelayanan sirkulasi dan referensi.

 

Kata Kunci: Strategi sekolah, budaya literasi.

 

 

STRATEGIES IN IMPROVING CULTURAL LITERACY SCHOOL IN SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

 

Abstract

Literacy is an important activity on the education that schools review acquire new knowledge and new information. The school principal, teachers and librarians have a crucial to improving culture of literacy in schools. For that requires a strategy that aims to improve the review of school literacy activities. Research Objectives describe about the strategy of school principals, teachers, and librarians to improving a culture of literacy in SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. This study used descriptive qualitative approach and case study design. The data collection technique is by interview, observation and documentation. Analysis of the data in this study using condensation, data display, and data verification. Results of the study are (1) the principal strategy to improve literacy culture is to create a club literacy programs for students and teachers that the school wrote to cooperate with the publication of the book and it held a writing training.  Other than the class libraries and cooperate with Jawa Pos; (2) the strategy to improve cultural literacy teacher is to create a learning plan and assign tasks as taught as well as it is in the book so students would read. Other than that the teacher to motivate students to always read; (3) the strategy librarian to promote a culture of literacy is to provide circulation and reference services, procurement of books made in accordance with the needs and desires of students and teachers, and provide good facilitation and comfortable. The conclusion of this research is the principal make policy on the program for improvement of culture of literasi in school, teacher make learning plan and give motivation to student to read, and librarian provide good library service by giving circulation service and references.

 

Keywords: Strategic of school, cultural literacy.

 

 

Published
2017-06-13
Abstract Views: 444
PDF Downloads: 280