BUDAYA LITERASI SISWA DALAM MENDUKUNG PROGRAM ECOSCHOOL DI SMPN 23 SURABAYA

  • Patrisia M. Windawati

Abstract

BUDAYA LITERASI SISWA DALAM MENDUKUNG PROGRAM ECOSCHOOL DI SMPN 23 SURABAYA

Patrisia Mayagustina Windawati

Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

atriwindawati@gmail.com

Syunu Trihantoyo

Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

SyunuTrihantoyo@unesa.ac.id

 

Abstrak

Abstrak: Budaya literasi siswa dalam mendukung program eco school di SMPN 23 Surabaya   merupakan upaya sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa,  budaya literasi siswa,  sekaligus sebagai  solusi untuk menjawab rendahnya tingkat minat baca masyarakat Indonesia. Hal ini didukung oleh perpustakaan, mata pelajaran IPA, bahasa Indonesia, dan prakarya yang mana dari keempat aspek pendukung tersebut menghasilkan produk. Produk yang dihasilkan selalu berupa pengolahan  lingkungan dikarenakan sekolah ini juga merupakan sekolah adiwiata.  Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengimplementasian dan  aspek yang mendukung budaya literasi siswa dalam pelaksanaan  program eco school, serta  upaya yang dilakukan dalam menangani faktor penghambat budaya literasi siswa dalam mendukung program eco school. Metode yang digunakan  penelitian kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi.Teknik Analisis data  dalam penelitian ini menggunakan model interaktif (Miles, et al (2014:33)   yang berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu:  data condensation, data display, dan conclusions drawing/verifying. Hasil Penelitian menunjukan  (1) Implementasi  Budaya literasi siswa dalam mendukung program eco school berdasarkan legitimasi yang jelas dan pengalokasian waktu 40 menit untuk kegiatan literasi rutin, hasil dari literasi yang rutin berupa produk (2)  aspek yang mendukung budaya literasi siswa dalam pelaksanaan  program eco school yaitu perpustakaan dan komitmen stakeholder. (3)  Hambatannya lebih ke waktu dan human. Cara mengatasi lewat,  pembiasaan, program pendukung dan komitmen stakeholder. Pengimplementasian  Budaya literasi siswa dalam mendukung program eco school di SMPN 23 Surabaya sangat efektif dikarenakan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan pendidikan dan mampu mengahasilkan siswa yang literat dan ecopreneur. 

 

Kata Kunci: Budaya literasi siswa, program eco school

 

STUDENTS LITERATION HABIT  TO SUPPORT ECO SCHOOL PROGRAM IN SMPN 23 SURABAYA

 

Abstract

Abstract : Literation its a part of habit that improve eco school in SMPN 23 Surabaya, its program can improve students in reading habit, literation habit,  and also as a solution to solved problem that  the low of reading habit of Inodonesian people. This problem increase by availability library, sains subject, indonesian language,  and prakarya in which those aspect involve the product. The product that composed by 4 aspect above made school as adiwiata school.  The purpose of this study, to know and describe the implementation and implementation and the aspect that influence the literation habit  and to support eco school program in school. In this study, the writer using qualytitative method. Technique that use is a interview, observation,  and dokumentation.  analisis data in this study using interactive model (miles, et al 2014:33). In analyzing data, the technique that is data  condensation, data display and conclusions  drawing/verifying. The result of study is first implementation of student literation habit in improve eco school program based on legitimation of the alocation of time 40 minutes in literacy  activity, result of the activity  as aproduct. Second is the aspect that support the literation habit of students that implementation eco school program is library as a product and stakeholder comitmen. Obstruction of this study is time and human, to solve this problem is a reading habit  and stakeholder comitmen. Implementation of literation habit in case of in crease and eco school program in SMPN 23 Surabaya is efective because of the support of the stakeholder and to produce the students that literate and ecopreneur.

.

Key word:  Students literation habit  to support eco school program in SMPN 23 Surabaya

 

Published
2017-06-15
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 99