BUDAYA LITERASI SISWA DALAM MENDUKUNG PROGRAM ECOSCHOOL DI SMPN 23 SURABAYA
Abstract
BUDAYA LITERASI SISWA DALAM MENDUKUNG PROGRAM ECOSCHOOL DI SMPN 23 SURABAYA
Patrisia Mayagustina Windawati
Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
atriwindawati@gmail.com
Syunu Trihantoyo
Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
SyunuTrihantoyo@unesa.ac.id
Abstrak
Abstrak: Budaya literasi siswa dalam mendukung program eco school di SMPN 23 Surabaya merupakan upaya sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa, budaya literasi siswa, sekaligus sebagai solusi untuk menjawab rendahnya tingkat minat baca masyarakat Indonesia. Hal ini didukung oleh perpustakaan, mata pelajaran IPA, bahasa Indonesia, dan prakarya yang mana dari keempat aspek pendukung tersebut menghasilkan produk. Produk yang dihasilkan selalu berupa pengolahan lingkungan dikarenakan sekolah ini juga merupakan sekolah adiwiata. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengimplementasian dan aspek yang mendukung budaya literasi siswa dalam pelaksanaan program eco school, serta upaya yang dilakukan dalam menangani faktor penghambat budaya literasi siswa dalam mendukung program eco school. Metode yang digunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi.Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif (Miles, et al (2014:33) yang berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu: data condensation, data display, dan conclusions drawing/verifying. Hasil Penelitian menunjukan (1) Implementasi Budaya literasi siswa dalam mendukung program eco school berdasarkan legitimasi yang jelas dan pengalokasian waktu 40 menit untuk kegiatan literasi rutin, hasil dari literasi yang rutin berupa produk (2) aspek yang mendukung budaya literasi siswa dalam pelaksanaan program eco school yaitu perpustakaan dan komitmen stakeholder. (3) Hambatannya lebih ke waktu dan human. Cara mengatasi lewat, pembiasaan, program pendukung dan komitmen stakeholder. Pengimplementasian Budaya literasi siswa dalam mendukung program eco school di SMPN 23 Surabaya sangat efektif dikarenakan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan pendidikan dan mampu mengahasilkan siswa yang literat dan ecopreneur.
Kata Kunci: Budaya literasi siswa, program eco school
STUDENTS LITERATION HABIT TO SUPPORT ECO SCHOOL PROGRAM IN SMPN 23 SURABAYA
Abstract
Abstract : Literation its a part of habit that improve eco school in SMPN 23 Surabaya, its program can improve students in reading habit, literation habit, and also as a solution to solved problem that the low of reading habit of Inodonesian people. This problem increase by availability library, sains subject, indonesian language, and prakarya in which those aspect involve the product. The product that composed by 4 aspect above made school as adiwiata school. The purpose of this study, to know and describe the implementation and implementation and the aspect that influence the literation habit and to support eco school program in school. In this study, the writer using qualytitative method. Technique that use is a interview, observation, and dokumentation. analisis data in this study using interactive model (miles, et al 2014:33). In analyzing data, the technique that is data condensation, data display and conclusions drawing/verifying. The result of study is first implementation of student literation habit in improve eco school program based on legitimation of the alocation of time 40 minutes in literacy activity, result of the activity as aproduct. Second is the aspect that support the literation habit of students that implementation eco school program is library as a product and stakeholder comitmen. Obstruction of this study is time and human, to solve this problem is a reading habit and stakeholder comitmen. Implementation of literation habit in case of in crease and eco school program in SMPN 23 Surabaya is efective because of the support of the stakeholder and to produce the students that literate and ecopreneur.
.
Key word: Students literation habit to support eco school program in SMPN 23 Surabaya
PDF Downloads: 99