PENGARUH FULL DAY SCHOOL DAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMPIT AT-TAQWA SURABAYA

  • Yuli Rori Rahayu

Abstract

PENGARUH FULL DAY SCHOOL DAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMPIT AT-TAQWA SURABAYA

Yuli Rori Rahayu

Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

E-mail: yulirori17@gmail.com  

Syunu Trihantoyo, M.Pd

Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

E-mail: syunutrihantoyo@unesa.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh full day school terhadap prestasi belajar, pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar, serta pengaruh full day school dan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa SMPIT At-Taqwa Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu full day school (X1), pendidikan karakter (X2) dan prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPIT At-Taqwa Surabaya sebanyak 225 siswa dengan sampel sebanyak 130 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Uji persyaratan analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji linieritas.  Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, analisis Uji T untuk menjawab hipotesis satu dan dua serta analisis Uji F untuk menjawab hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan berdasarkan uji T bahwa nilai signifikansi full day school (X1) terhadap prestasi belajar (Y) adalah 0,007 < 0,05 dan nilai signifikansi pendidikan karakter (X2) terhadap prestasi belajar (Y) adalah 0,000 < 0,05. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji F diketahui untuk mengetahui hubungan antara full day school (X1) dan pendidikan karakter (X2) terhadap prestasi belajar (Y) dilihat dari nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000  dan nilai alpha 0,05. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: 1) full day school secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMPIT At-Taqwa Surabaya sebesar 2,269, 2) pendidikan karakter secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMPIT At-Taqwa Surabaya 6,522, 3) full day school dan pendidikan karakter secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMPIT At-Taqwa Surabaya sebesar 91,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya.

 

Kata Kunci: full day school, pendidikan karakter, prestasi belajar.

 

THE EFFECTS OF FULL DAY SCHOOL AND CHARACTER EDUCATION TO STUDENT LEARNING ACHIEVEMENT SMPIT AT-TAQWA SURABAYA

Abstract

This study aims to determine the effect of full day school on learning achievement and the influence of character education on learning achievement, as well as the influence of full day school and character education on student achievement of SMPIT At-Taqwa Surabaya. This study using quantitative research, there are three variables, full day school (X1), character education (X2) and learning achievement (Y). The population in this study are students of SMPIT At-Taqwa Surabaya as many as 225 students with a sample of 130 students. The sampling technique in this research is using stratified random sampling technique. Data collection techniques in the form of questionnaire using Likert Scale. Test requirements analysis of research data using normality test and linearity test. Data analysis techniques in this study using multiple regression analysis, T Test analysis to answer the hypotheses one and two, and F Test analysis to answer the third hypothesis. The results of this study conclusions based on T test that the significance value of full day school (X1) to the learning achievement (Y) is 0,007 < 0,05 and the significance value of character education (X2) to the learning achievement (Y) is 0,000 < 0,05. The result of research based on result of F test are known to determine the relationship between full day school (X1) and character education (X2) to learning achievement (Y) seen from significance value that is 0,000 and alpha value 0,05. The result of data analysis are as follows: 1) full day school partially have positive and significant effect on student achievement of SMPIT  At-Taqwa Surabaya 2,269, 2) character education partially have positive and significant effect on student achievement of SMPIT At-Taqwa Surabaya 6,522, 3) full day school and character education together have positive and significant influence on student achievement of SMPIT At-Taqwa Surabaya by 91,7% and the rest influenced by other variables.

 

Keywords: full day school, character education, learning achievement.

Published
2017-06-15
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 232