STRATEGI PEMBEKALAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA

  • FIRDA HAMIDAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan; (1) Karakteristik silabus kewirausahaan yang digunakan di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, (2) Strategi yang diterapkan untuk pembekalan nilai-nilai kewirausahaan, (3) Faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pelaksanaan pembekalan nilai-nilai kewirausahaan di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi, penyajian data dan verifikasi data. Data kemudian diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik creadibility, transferability, dependability, dan confirmability.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Silabus kewirausahaan memuat karakteristik nilai-nilai kewirausahaan yang didalamnya meliputi, yaitu (a) kreatif, (b) pengambil risiko, (c) kepemimpinan, dan (d) berorientasi pada tindakan, (e) inovatif. (2) Stategi yang diterapkan untuk pembekalan nilai-nilai kewirausahaan yaitu dengan melakukan pembekalan melalui aktivitas praktek kewirausahaan sejak mulai masuk menjadi siswa baru. (3) Faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan pembekalan kewirausahaan yaitu contoh salah satunya sekolah menerima invest dari yayasan sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya partisipasi dari siswa-siswi di sekolah itu sendiri.
Published
2018-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 355