STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

  • NUR AMINATUS SHOLICHA

Abstract

Abstrak

Salah satu upaya untuk mengeksplor keunggulan agar diketahui oleh masyarakat luas di tengah persaingan antar sekolah yaitu melalui strategi pemasaran sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran sekolah dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam pemasaran di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui tiga langkah yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Untuk menguji keabsahan data tersebut menggunakan beberapa teknik yang meliputi: uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya menunjukkan (1) strategi pemasaran sekolah dilakukan setelah mengetahui analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal dengan alat yang disebut dengan SWOT sekolah (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman). Salah satu bentuk strategi pengembangan pemasaran sekolah terletak pada penggunaan media dalam teknik promosi pemasaran melalui berbagai media massa (videotron, website sekolah, radio, dan media cetak) yang mampu menjaring masyarakat dari berbagai daerah secara efektif dan efisien Kegiatan seminar, peningkatan kompetensi guru, dan perluasan jaringan kerjasama dalam program Sister School juga merupakan beberapa upaya sekolah dalam mengembangkan kegiatan pemasaran baik internal maupun eksternal; (2) faktor yang berpengaruh dalam kegiatan pemasaran sekolah berasal dari internal maupun eksternal, beberapa diantaranya yaitu keterlibatan seluruh personil sekolah dan jaringan kerjasama yang dimiliki.

Kata Kunci: strategi pemasaran, keunggulan promosi, dan keterlibatan personil sekolah

Published
2018-06-04
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 73