STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS ISLAMI DI SMP AL – HIKMAH SURABAYA

  • KISNANZIAR PUTRIN ARIANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) silabus;(2) strategi pelaksanaan; dan (3) faktor pendukung pelaksanaan kegiatan pembinaan karakter religius Islami di SMP Al – Hikmah Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Guru Wali Kelas, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dari model Miles and Huberman. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, membercheck, uji trasfermabilitas untuk menyediakan data deskriptif, uji dependabilitas dengan melakukan audit diselutruh proses penelitian dengan dosen pembimbing skripsi, dan uji konfirmabilitas untuk menguji hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Silabus pembinaan karakter religius Islami yang digunakan dalam pembinaan karakter religius Islami di SMP Al-Hikmah adalah buku monitoring pencapaian standar mutu siswa dan buku penghubung. Kedua buku tersebut merupakan buku turunan dari buku risalah adab guru dan buku risalah adab yang bertujuan untuk mencetak siswa siswi yang berakhlak karimah dan berprestasi akademik optimal. 2) Strategi pelaksanaan pembinaan karakter religius Islami di SMP Al-Hikmah Surabaya ini dengan memadukan atau mengintegrasikan antara kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Al Hikmah dan kurikulum matrikulasi. Selain itu adanya program kegiatan pembinaan karakter religius Islami bagi seluruh komponen didalam sekolah, serta bentuk pengkoordinasian dalam organisasi sekolah yang dapat menciptakan iklim sekolah sesuai dengan visi dan misi. 3) Faktor pendukung yang utama terkait pembinaan karakter religius Islami di SMP Al-Hikmah Surabaya yakni tenaga pendidik (guru) yang sesuai dengan ketentuan YLPI Al-Hikmah, seperti; Murabbi, Muaddib, Mu’allim, Mudarris, dan Dai. Selain itu juga adanya hubungan yang sinergis antara sekolah dengan orang tua dan masyarakat di luar sekolah, sebagai peran dalam mendukung keberhasilan sekolah dalam mencapai visi dan misi sebagai mencetak siswa yang berbudi dan berprestasi.

Kata kunci :strategi, pembinaan, karakter, strategi pembinaan karakter, karakter religius Islami





Published
2018-06-07
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 135