MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 46 SURABAYA

  • WIWIK STYOWATI HAMIDATIN
  • NUNUK HARIYATI

Abstract

Motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler wajib kepramukaan yang berbeda-beda dapat mempengaruhi kesesuaian program pembinaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 46 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang wajib mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan berjumlah 524 anak yang juga disebut sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan berupa angket. Data yang diperoleh dari penelitian ini diuji menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui nilai rata-rata dan simpangan baku. Hasil dari uji statistik deskriptif adalah rata-rata sebesar 105,439 dan simpangan baku sebesar 8,226 menunjukkan besarnya variasi atau keberagaman data penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 46 Surabaya dalam kategori sedang dengan persentase 38% sebanyak 199 anak. Data lebih spesifik mengenai aspek-aspek motivasi, diperoleh data bahwa motivasi akan afiliasi tergolong tinggi dengan persentase sebesar 34,9% sebanyak 183 anak. Sedangkan, motivasi akan prestasi dengan persentase sebesar 34,5% sebanyak 181 anak dan aspek kekuasaan juga tergolong sedang dengan persentase sebesar 30% sebanyak 157 anak.

Kata Kunci : Motivasi, Ekstrakurikuler, Kepramukaan.

Published
2018-06-07
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 64