PENGARUH KEPEMIMPINAN ENTREPRENEUR DAN PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PEMASARAN SEKOLAH DI SDN BUBUTAN IV SURABAYA

  • GILANG MAHARDIKA
  • SYUNU TRIHANTOYO

Abstract

Abstrak

Saat ini persaingan dalam dunia pendidikan dilakukan secara terbuka ke masyarakat. Kepemimpinan entrepreneur dan hubungan masyarakat memiliki peran yang strategis untuk dapat menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya pada sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan entrepreneur, hubungan masyarakat, dan pemasaran sekolah di SDN Bubutan IV Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik dan kependidikan serta wali murid kelas I – VI SDN Bubutan IV Surabaya sebanyak 275 orang. Uji validitas instrumen penelitian dengan product moment dan uji reliabilitas instrumen penelitian dengan Alpha Cronbach yang dilakukan kepada 30 orang di SDN Bubutan III Surabaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan entrepreneur dan hubungan masyarakat berpengaruh terhadap pemasaran sekolah sebesar 56,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Bedasarkan hasil uji t nilai taraf signifikan variabel kepemimpinan entrepreneur adalah 0,005 kurang dari taraf kepercayaan 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya kepemimpinan entrepreneur secara parsial berpengaruh terhadap pemasaran sekolah. Sedangkan nilai taraf signifikan variabel hubungan masyarakat adalah 0,000 kurang dari taraf kepercayaan 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya hubungan masyarakat secara parsial berpengaruh terhadap pemasaran sekolah.

Kata Kunci : kepemimpinan entrepreneur, hubungan masyarakat, pemasaran sekolah
Published
2018-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 172