PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) KABUPATEN SIDOARJO

  • ARIF JURACHMAN
  • KARWANTO

Abstract

Reformasi manajemen kepegawaian dalam meningkatkan pengelolaan informasi PNS, maka salah satu
cara yang dapat dilakukan adalah dengan membangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
(SIMPEG). SIMPEG didefinisikan sebagai sistem terpadu, yang meliputi data pegawai, pengelolahan
data, prosedur, tata kerja, sumber daya manusia dan teknologi informasi untuk menghasilkan informasi
yang cepat, lengkap dan akurat dalam mendukung administrasi kepegawaian.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis Sistem digitalisasi
data kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo, Faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan digitalisasi data kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian Daerah
Kabupaten Sidoarjo, Usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan digitalisasi data kepegawaian di
badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo
Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara
mendalam dan terperinci mengenai penerapan digitalisasi data kepegawaian sebagai pengembangan
aplikasi SIMPEG di BKD Kabupaten Sidoarjo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem digitalisasi data kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah
Kabupaten Sidoarjo dibuat pada tahun 2001, SIMPEG BKD Kabupaten Sidoarjo memuat banyak fitur.
Pengisian SIMPEG diawali dengan pemberkasan, verifikasi berkas, input data mulai data master, riwayat
pendidikan, dan pendukung lainnya. Software dan hardware SIMPEG sendiri didapatkan dari rekanan
sesuai anggaran yang sudah diusulkan, basiswanya adalah Windows dengan memakai Intel Exon E5,
SIMPEG BKD Kabupaten Sidoarjo sendiri masih menggunakan sistemnya sendiri, bukan dari BKN
Pusat, karena tidak ada intruksi langsung dari BKN. SIMPEG BKD Kabupaten Sidoarjo memiliki sistem
local host atau offline, karena lebih mudah membenahi jika ada kerusakan, sedang untuk yang dipublish
ke khalayak umum bisa diakses dengan menggunakan sistem online, Servernya hanya ada 1 yang ada di
ruangan khusus, dari server itu jaringan lokal (local host) disambungkan dengan masing-masing bidang
BKD Kabupaten Sidoarjo, Untuk client atau user ada 55, hak aksesnya disesuaikan dengan tupoksi
masing-masing bidang, Dengan adanya SIMPEG ini, membuat kinerja semakin efektif dan efisien
Pengembangan menu SIMPEG dibutuhkan sesuai dengan analisis kondisi kepegawaian dan layanan
prima BKD Kabupaten Sidoarjo. Untuk sinkronisasi data PNS antara BKD Kabupaten Sidoarjo dan BKN
hanya melalui SAPK BKN dengan export dan import data excel, Indikator keberhasilan SIMPEG BKD.
Kabupaten Sidoarjo bisa dilihat dari akurasi dan kevalidan data di lapangan dengan database di SIMPEG,
Usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan digitalisasi data kepegawaian di badan Kepegawaian
Daerah Kabupaten Sidoarjo mengadakan bimtek untuk etiap staf bisa mengoperasikan SIMPEG BKD
Kabupaten Sidoarjo, hal ini sesuai dengan kebutuhan SDM untuk bisa mengeporasikan komputer.
Anggaran untuk pengembangan SIMPEG sesuai arahan Bupati Sidoarjo untuk menuju e-governance
Kata Kunci : Sistem Informasi Manajmen, Sistem Informasi Kepegawaian
Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 383
PDF Downloads: 1481