PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA CINTA LINGKUNGAN DAN BERBASIS RELIGI ISLAMI DI JENJANG SD SEKOLAH ALAM AL-IZZAH KRIAN

  • LINDA APRILIA
  • SYUNU TRIHANTOYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran berbasis alam dalam penyusunan model pembelajaran, implementasi model pembelajaran untuk memberikan pengetahuan kepada siswa, menanamkan sikap cinta lingkungan dan berbasis religi islami, serta mengevaluasi hasil pembelajaran di SD Sekolah Alam Al-Izzah Krian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan meliputi uji kredibilitas meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu dan membercheck: transferabilitas penyajian hasil penelitian dilakukan secara rinci, jelas, sistematis, dan dapat dipercaya; dependebilitas melalui audit oleh dosen pembimbing, serta uji konfirmabilitas. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis alam dalam membentuk karakter siswa cinta lingkungan dan berbasis religi islami meliputi: 1) penyusunan model pembelajaran berbasis alam; 2) model pembelajaran yang digunakan yaitu model belajar bersama alam (BBA), model kooperatif kelompok, model kontektual, model inkuiri, dan model eksperimen; 3) evaluasi model pembelajaran dilakukan setiap satu minggu sekali untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Proses pembelajaran berbasis alam dalam membentuk karakter siswa cinta lingkungan dan berbasis religi islami di jenjang SD Sekolah Alam Al-Izzah Krian: 1) proses pembelajaran mengacuh pada 4 kurikulum khas yang dimiliki sekolah yaitu: aktivitas akhlak, aktivitas logika, aktivitas kepemimpinan dan aktivitas bisnis; 2) Belajar Bersama Alam (BBA) model pembelajaran yang sering digunakan dan menjadi salah satu icon yang ada di Sekolah Alam Al-Izzah Krian; 3) pengusaan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: Model pembelajaran, proses pembelajaran, sekolah alam

Published
2018-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 380
PDF Downloads: 3036