PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN RELATIONSHIP DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 SURABAYA

  • HAYUM NIBRASTARI
  • ERNY ROESMININGSIH

Abstract

ABSTRAK

PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN RELATIONSHIP

DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 SURABAYA

Nama : Hayum Nibrastari

NIM : 14010714005

Jurusan : Manajemen Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Erny Roesminingsih M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis, 1) Peran humas SMK Negeri 5 Surabaya dalam membangun kerja sama dalam: (a) Komunikator pelatihan yang dilakukan tenaga ahli dari perusahaan/instansi mitra; (b) Mediator pengadaan bantuan berupa sarpras yang menunjang praktek dari perusahan/instansi mitra. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis peran humas SMK Negeri 5 Surabaya dalam membangun opini dalam: (a) Mempersiapkan lulusan siap dalam dunia kerja; (b) Mengelola web sekolah dan web BKK; (c) Membina hubungan dengan Ikastemba (Ikatan Alumni SMK Negeri 5 Surabaya).

Dalam penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan rancangan studi kasus. Penelitian ini memiliki subjek penelitian, dalam hal ini key informant adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Humas yang mana memiliki peran penting dan terlibat secara langsung. Sumber responden (human resources) dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini juga menggunakan teknik snowball sampling dalam pengambilan sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 3 (tiga) teknik: yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tenik analisis data yang digunakan peneliti yaitu : Data Reduction, Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verifications. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik: Credibility, Transferability, Dependability, dan Confirmability.

Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Sebagai komunikator humas melakukan proses kontinu untuk menghasilkan good will dari mitra; 2) Upaya pengadaan sarpras dilakukan dengan langkah-langkah yang fair. Perusahaan memberi hibah bantuan untuk menjamin peningkatan kualitas lulusan, yang nantinya akan diserap untuk bekerja diperusahaan; 3) Sebagai upaya mempersiapkan kualitas lulusan, humas berhasil membuat MoU dengan banyak mitra sebagai pembina dan penempatan prakerin; 4) Dalam mengelola media informasi untuk mempromosikan dan meningkatkan citra sekolah, humas berusaha mengoptimalkan web sekolah dan web BKK; 5) Humas menjalin komunikasi dengan alumni untuk kualitas dan efektifitas pertukaran pesan sehingga tercapai tujuan lembaga, serta berencana membuat kesekertariatan secara kelembagaan.

Kata Kunci : Humas, relationship, mitra

Published
2018-08-13
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 237