SISTEM NILAI PADA BUDAYA ORGANISASI KUALITA PENDIDIKAN INDONESIA SURABAYA

  • LUX PITA YULIASTUTIK
  • ERNY ROESMININGSIH

Abstract

Abstrak

Sistem nilai pada budaya organisasi Kualita Pendidikan Indonesia Surabaya terdiri dari nilai-nilai IMPROVE yang ada di lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) Sikap dan perilaku karyawan menjunjung tinggi tanggung jawab, 2) Sikap dan perilaku karyawan mengendalikan diri, 3) Sikap dan perilaku karyawan bekerja secara professional, 4) Sikap dan perilaku kayawan multikompetensi, 5) Sikap dan perilaku karyawan semangat tinggi dalam bekerja, 6) Sikap dan perilaku karyawan cepat tanggap, 7) Sikap dan perilaku sesuai etika. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan menggunakan membercheck Hasil penelitian dilapangan dijelaskan sebagai berikut: 1) Karyawan memiliki etos kerja yang tinggi dalam menyelesaikan tugas tanggung jawab pekerjaannya, 2) Karyawan menempatkan diri dengan baik dalam pengambilan keputusan sesuai kebutuhuan lembaga, 3) Karyawan bekerja professional dalam menyelesaikan pekerjaannya, 4) Kompetensi karyawan dalam menghadapi sebuah tantangan sesuai situasi dan kondisi yang dibutuhkan lembaga, 5) Antusias dalam diri karyawan yang tinggi untuk bekerja secara optimal di lembaga, 6) Inisiatif yang muncul dalam diri karyawan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi Customer secara efektif dan efisien, 7) Norma etika yang dipegang teguh karyawan sebagai landasan tata krama bersikap dan berperilaku sesama karyawan maupun pihak lain tanpa mengesampingkan nilai etika agama Islam.

Kata Kunci : sistem nilai, budaya organisasi, sikap dan perilaku

Abstract

The value system in the Kualita Pendidikan Indonesia Surabaya organizational culture consists of IMPROVE values ​​in the institution. This study aims to describe and analyze about: 1) Attitudes and behavior of employees upholds responsibility, 2) Attitudes and behavior of employees control themselves, 3) Attitudes and behavior of employees work in a professional manner, 4) Attitudes and behaviors of multicompetitive employees, 5) Attitudes and employee behavior is high spirits at work, 6) Attitudes and behavior of employees are responsive, 7) Attitudes and behavior are ethically appropriate. Researchers used a qualitative approach to the case study method. In taking data using interview, observation and documentation techniques. Data analysis used is data condensation, data presentation and conclusions. Data validity is done by source triangulation, technical triangulation and using member check. The research results in the field are explained as follows: 1) Employees have a high work ethic in completing their job responsibilities, 2) Employees place themselves well in decision making according to the needs of the institution, 3) Employees work professionally in completing their work, 4) Employee competence in face a challenge according to the situation and conditions needed by the institution, 5) Enthusiasm in high employees to work optimally in institutions, 6) Initiatives that arise in employees to provide the best service for the Customer effectively and efficiently, 7) Ethical norms that the employees are held firmly as the basis for manners to behave and behave with fellow employees and other parties without ignoring the value of Islamic religious ethics.

Keyword : value system, organizational culture, attude and behavior

Published
2018-08-30
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 120