MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN DHARMA WANITA SLB-B PUTRA HARAPAN BOJONEGORO

  • PUTRA RASTRA SEWA KOTAMA
  • KARWANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan dan menganalisis Manajemen Peserta Didik di Sekolah Luar Biasa Yayasan Dharma Wanita SLB-B Putra Harapan Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan meliputi uji kredibilitas meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan membercheck; transferabilitas penyajian hasil penelitian dilakukan secara rinci, jelas, sistematis, dan dapat dipercaya; dependabilitas meliputi audit oleh dosen pembimbing; serta uji konfirmabilitas. Teknik analisis data meliputi kondensasi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, kegiatan perencanaan penerimaan peserta didik baru di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro merupakan kegiatan yang wajib dilakukan, karena didalamnya mencakup berbagai aspek yang dibutuhkan untuk melaksanakan program kerja sekolah. Kedua, pelaksanaan pembinaan peserta didik di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro dilakukan dengan menekankan pada aspek individual dari masing-masing anak dengan adanya berbagai inovasi dan kreativitas dari guru dalam menyampaikan pembelajaran dan pembinaan melalui pendekatan kepada setiap siswa. Ketiga, evaluasi peserta didik yang ada di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro menganut pada standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah namun ada modifikasi dalam kegiatan penilaiannya. Keempat, alumni siswa di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro, untuk kelulusannya dapat dilakukan setelah siswa mengikuti seluruh rangkaian ujian yang ada dan setelah siswa lulus maka dapat bergabung dengan ikatan alumni yang dimiliki oleh para alumni SLB-B Putra Harapan Bojonegoro yang sampai saat ini hubungan alumni dan sekolah tetap berjalan dengan harmonis.

Kata Kunci : manajemen peserta didik, sekolah luar biasa.

Abstract

This study aims to describe and analyze the Management of Learners in Special Schools at SLB-B Putra Harapan Bojonegoro Dharma Wanita Foundation. This study uses a qualitative approach with a case study research design. Data collection techniques are carried out by interviews, observation, and documentation. Data validity tests conducted include credibility testing including source triangulation, technical triangulation, and member check; transferability of the presentation of research results is carried out in a detailed, clear, systematic and trustworthy manner; dependability includes an audit by a supervisor; and confirmation test. Data analysis techniques include condensation, data presentation, drawing conclusions and verification. The results showed that. First, the activities of the new student admission planning in SLB-B Putra Harapan Bojonegoro are mandatory activities, because they cover various aspects needed to carry out the school work program. Second, the implementation of coaching of students in SLB-B Putra Harapan Bojonegoro is done by emphasizing the individual aspects of each child with the various innovations and creativity of the teacher in conveying learning and coaching through an approach to each student. Third, the evaluation of students in SLB-B Putra Harapan Bojonegoro adheres to the standards set by the government but there are modifications in the assessment activities. Fourth, alumni of students at SLB-B Putra Harapan Bojonegoro, for graduation can be done after students take part in all the existing exams and after graduating students can join the alumni ties owned by the SLB-B Putra Harapan Bojonegoro alumni who are currently in relationship alumni and schools continue to run in harmony.

Key word: management of student, special school.

Published
2018-08-30
Section
Articles
Abstract Views: 246
PDF Downloads: 257