PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TAMAN BACA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • KURNIA KANTHI KINASIH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan taman baca terhadap kepuasan mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan skala likert, terdapat dua variabel yaitu kualitas pelayanan (X) dan kepuasan mahasiswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya angkatan 2015, 2016, dan 2017 sebanyak 257 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penilitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 167 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi sederhana dengan nilai pengaruh sebesar 43,4%. Berdasarkan hasil analisis data pada uji T, variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap variabel kepuasan mahasiswa sebesar 0,000 atau lebih kecil dari pada nilai alpha 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat diartikan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa kepuasan mahasiswa merupakan tolak ukur keberhasilan sebuah kualitas dari pelayanan, sebuah jasa akan dinilai baik secara keseluruhan oleh pengguna, jika mampu memberikan pelayanan yang baik sehingga pengguna merasa terpenuhi kebutuhannya dan akan dinilai buruk jika pelayanan yang diberikan juga buruk.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa

Abstract

This research was conducted to examine the effect service quality of the reading park on the student’s satisfaction Department of Educational Management State University of Surabaya. This study uses descriptive quantitative method using a Likert scale, there are two variables, namely service quality (X) and student satisfaction (Y). The population in this research are active students of the Educational Management Department State University of Surabaya in 2015, 2016 and 2017, totaling 257 people. The sampling technique in this research uses purposive sampling technique. With a total sample of 167 respondents. The analytical method used is a simple regression method with an influence value of 43.4%. Based on the results of data analysis on the T test, service quality variables partially affect the student satisfaction variable of 0.000 or less than the alpha value of 0.05, which means that H0 is rejected and H1 is accepted, so that the quality of service is partially affected to student satisfaction. From the results of this study it can be seen that student satisfaction is a benchmark of the success of a quality service, a service will be judged as good overall by the user, if it is able to provide good service so that users feel fulfilled and will be judged bad if the service provided is also bad.

Keywords: Service Quality, Student Satisfaction

Published
2018-09-12
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 28